INOVASI PELAYANAN PUBLIK DI KECAMATAN SUNGAI KUNJANG KOTA SAMARINDA (Dayang Erawati Djamrut)

October 16, 2015
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Oct 16, 2015 @ 3:01 PM
IP: 180.248.67.175

  • 1. Title [Judul]: INOVASI PELAYANAN PUBLIK DI KECAMATAN SUNGAI KUNJANG KOTA SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Dayang Erawati Djamrut
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Inovasi, Pelayanan Publik
  • 4. Description [Abstrak] : Dayang Erawati Djamrut, Inovasi Pelayanan Publik di Kecamatan Sungai Kunjang kota Samarinda, di bawah bimbingan Bapak Dr. H. Muh. Jamal Amin, M.Si selaku Dosen Pembimbing I dan Bapak Budiman, S.IP, M.Si selaku Dosen Pembimbing II.
    Penelitian Skripsi ini dilakukan di Kecamatan Sungai Kunjang kota Samarinda. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahuiinovasi pelayanan publik di Kecamatan Sungai Kunjang kota Samarinda dan untuk mengetahui faktor pendukung inovasi pelayanan publik di Kecamatan Sungai Kunjang kota Samarinda.
    Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penelitian kepustakaan dan peneltian lapangan yang terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan informan diambil secara purposive sampling. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan akan di analisis secara kualitatif.
    Hasil penelitian menunjukkan di Kecamatan Sungai Kunjang kota Samarinda inovasi pelayanan publik dapat dilihat dari rehabilitasi ruang publik, Kecamatan Sungai Kunjang melakukan pembenahan unit pelayanan agar mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pelayanan. Dari segi tata ruang di tata dengan tema hijau, bersih dan sehat serta adanya area merokok agar tidak mengganggu kesehatan bagi yang tidak merokok. Mempercepat pelayanan, Kecamatan Sungai Kunjang menerapkan buku panduan SOP untuk masyarakat mendapatkan informasi persyaratan berkas agar masyarakat tidak bingung. Adanya area permainan, agar anak-anak tidak jenuh selama orang tuanya mendapatkan pelayanan. Jejaring sosial melalui facebook, sms dan telepon sebagai jalur menyampaikan pelayanan, akses informasi untuk mempelancar proses pelayanan Kecamatan kepada masyarakat.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. H. Muh. Jamal Amin, M.Si & Budiman, S.IP, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 16 Oktober 2015
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading