MOTIF DAN KEPUASAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DI KALANGAN PELAJAR SISWA SMA NEGERI 5 SAMARINDA (ROSWITA)

August 24, 2015
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Aug 24, 2015 @ 8:51 PM
IP: 180.248.251.12

  • 1. Title [Judul]: MOTIF DAN KEPUASAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DI KALANGAN PELAJAR SISWA SMA NEGERI 5 SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: ROSWITA
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Motif dan Kepuasan, Media Sosial
  • 4. Description [Abstrak] : ROSWITA, Motif Penggunaan Media Sosial Di Kalangan Pelajar Siswa SMA Negeri 5 Samarinda, di bawah bimbingan Drs. H. Muhammad Noor, M.Si dan Annisa Wahyuni M.Si.
    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengguna jejaring media sosial yang sedang fenomena di Indonesia. Munculnya jejaring media sosial sebagai media baru untuk berinteraksi dapat memudahkan dan menjalin komunikasi interpersonal. Motif yang mempengaruhi dalam pengggunaan jejaring media sosial akan berpengaruh juga terhadap kepuasan dan kebutuhan yang akan diperolehnya. Hal tersebut yang mendorong penulis untuk mengetahui apakah motif menggunakan jejaring media sosial mempengaruhi kepuasan yag diperolehnya, dan apakah penggunaan jejaring media sosial juga mempengaruhi motif kognitif dan motif afektif.
    Metode Yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Deskriptif Kuantitatif yang hanya memaparkan situasi atau peristiwa. Penelitian ini tidak mencari atau menjelaskan hubungan, tidak menguji hipotesis atau membuat prediksi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan penelitian lapangan dengan melakukan kegiatan survey menggunakan kuisioner dan wawancara. Penelitian ini menggunakan Model Uses and Gratifications yang menganggap khalayak aktif menggunakan media untuk memenuhi kebutuhannya. Sehingga, untuk membuktikannya dilakukan dengan menghitung niali rata-rata dan frekuensi dengan menggunakan rumus Yamane untuk mengetahui nilai rata-rata yang menggunakan jejaring media sosial.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat motif kognitif dan afektif dalam menggunakan jejaring media sosial tersebut. Hal ini di tandai dengan nilai sebagai titik tengah interval dan frekuensi pada interval.kelas dengan produk perkalian antara pada tiap interval data dengan tanda kelas pada tabel distribusi frekuensi.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. H. Muhammad Noor., M.Si & Annisa Wahyuni
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 24 Agustus 2015
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading