PENYELENGGARAAN PELAYANAN PEMBUATAN AKTA KELAHIRAN DI KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA TARAKAN (Zul Kasman)
July 9, 2015
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: ,
On: Jul 9, 2015 @ 3:41 PM
IP: 180.248.68.140
- 1. Title [Judul]: PENYELENGGARAAN PELAYANAN PEMBUATAN AKTA KELAHIRAN DI KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA TARAKAN
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Zul Kasman
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Penyelenggaraan Pelayanan, Pembuatan Akta Kelahiran
- 4. Description [Abstrak] : Zul Kasman, Penyelenggaraan Pelayanan Pembuatan Akta Kelahiran di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tarakan. Bimbingan Bapak Drs.H.M.Gunthar Riady, M.Si selaku dosen pembimbing I dan Drs.M.Z. arifin, M.Si selaku dosen pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Penyelenggaraan Pelayanan Pembuatan Akta Kelahiran dan untuk mengidentifikasikan faktor penghambat dan faktor pendukung yang mempengaruhi Penyelenggaraan Pelayanan Pembuatan Akta Kelahiran di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tarakan.
Berdasarkan hasil penelitian dilapangan bahwa Penyelenggaraan Pelayanan Pembuatan Akta Kelahiran di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tarakan adalah secara Prosedur belum sederhana karena alur pelayanan yang masih panjang. Waktu pembuatan akta kelahiran tidak sesuai dengan waktu yang ditentukan. Akurasi yang berkaitan dengan produk pelayanan berupa Akta Kelahiran sudah bagus dan sesuai dengan harapan masyarakat. Sarana dan Prasarana yang ada belum menunjang pemberian pelayanan kepada masyarakat. Kedisiplinan, Kesopanan dan Keramahan aparatur sudah bagus hanya saja belum bersikap ramah, tidak antusias dan kurang berinisiatif dalam memberikan pelayanan. Faktor pendukung pelayanan yaitu kemampuan dan keterampilan aparatur dalam bekerja penuh dengan ketelitian dan faktor penghambat pelayanan meliputi kurangnya sarana dan prasarana penunjang pelayanan berupa ruang pelayanan dan ruang tunggu bagi masyarakat yang belum memadai, seringnya terjadi pemadaman listrik dan kurangnya persyaratan yang dilampirkan pemohon menghambat penyelenggaraan pelayanan. - 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. H.M. Gunthar Riady, M.Si & Drs. M. Z. Arifin, M.Si
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 09 Juli 2015
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]:http://ejournal.an.fisip-unmul.ac.id/site/?p=1511
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel