STUDI TENTANG PENGEMBANGAN SUMBER DAYA APARATUR DI KANTOR BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH (BAPPEDA) KOTA SAMARINDA) (Titin Dwi Indrayani)

July 1, 2015
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Jul 1, 2015 @ 12:31 PM
IP: 36.83.37.99

  • 1. Title [Judul]: STUDI TENTANG PENGEMBANGAN SUMBER DAYA APARATUR DI KANTOR BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH (BAPPEDA) KOTA SAMARINDA)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Titin Dwi Indrayani
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Pengembangan, Sumber Daya Aparatur
  • 4. Description [Abstrak] : Titin Dwi Indrayani, Studi Tentang Pengembangan Sumber Daya Aparatur Di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Samarinda. Dibawah bimbingan Bapak Budiman, S.IP, M.Si dan Ibu Melati Dama, S.Sos, M.Si.
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengembangan Sumber Daya Aparatur di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kota Samarinda dan menjelaskan faktor yang mendukung dan penghambat dalam Pengembangan Sumber Daya Aparatur di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kota Samarinda.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan sumber daya aparatur dilakukan melalui orientasi, pemberdayaan dan diklat yang ditujukan untuk pengembangan sumber daya aparatur ada 2, yaitu : melalui orientasi serta pendidikan dan latihan. Setelah melakukan pengembangan sumber daya aparatur peserta memberikan laporan secara tertulis tentang program pengembangan yang telah mereka ikuti sehingga bisa terlihat ada perubahan atau tidak. Langkah-langkah pendahuluan dalam persiapan program pemgembangan pendidik yang dilakukan Bappeda agar penyelenggaraan program pengembangan dapat tercapai yaitu dengan penilaian dan identifikasi kebutuhan, sasaran pengembangan, isi program, prinsip-prinsip pengembangan. Tolok ukur atau indikator yang digunakan untuk mengetahui berhasil atau tidak program pengembangan kualitas aparatur dapat dilihat dari buku absensi yang telah disediakan, tingkat kerjasama setelah mengikuti pengembangan pendidik semakin baik dan kedisiplinan dapat dilihat dari penyelesaian tugas-tugas dan kepatuhan pendidik terhadap peraturan yang telah di tetapkan Bappeda. Hambatan atau kendala yang dihadapi Bappeda dalam melaksanakan program pengembangan aparatur adalah dana pengembangan yang terbatas sehingga tidak semua aparatur dapat mengikuti pendidikan dan latihan.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Budiman, S.IP, M.Si & Melati Dama, S.Sos, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 01 Juli 2015
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email