ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN ADES VERSI “LANGKAH KECIL MEMBERIKAN PERUBAHAN” DALAM MENYINGKAP PESAN TERSEMBUNYI TENTANG KEPEDULIAN LINGKUNGAN HIDUP (Nur Rachmani)

June 29, 2015
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Jun 29, 2015 @ 1:46 PM
IP: 36.82.219.12

  • 1. Title [Judul]: ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN ADES VERSI “LANGKAH KECIL MEMBERIKAN PERUBAHAN” DALAM MENYINGKAP PESAN TERSEMBUNYI TENTANG KEPEDULIAN LINGKUNGAN HIDUP
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Nur Rachmani
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Analisis Semiotika, Iklan Ades versi “Langkah Kecil Memberikan Perubahan, Pesan
  • 4. Description [Abstrak] : Nur Rachmani, 1102055141, Analisis Semiotika Iklan Ades versi Langkah Kecil Memberikan Perubahan dalam Menyingkap Pesan Tersembunyi tentang Kepedulian Lingkungan Hidup dibawah bimbingan Ibu Dra. Purwaningsih, M.Si dan Ibu Nurliah S.Sos. M.I.kom.
    Tujuan penelitian ini adalah Untuk menemukan makna dibalik tanda-tanda yang digunakan pada iklan dengan menggunakan analisis semiotika dalam model Charles Sanders Pierce.Dan menyingkap pesan tersembunyi kepeduliaan lingkungan hidup dalam iklan Ades versi “Langkah Kecil Memberikan Perubahan”.
    Fokus penelitian yang ditetapkan Analisis Semiotika Iklan Ades versi Langkah Kecil Memberikan Perubahan dalam Menyingkap Pesan Tersembunyi tentang kepedulian Lingkungan Hidup,adalah: Makna tanda-tanda yang terkandung didalam iklan Ades, yang sesuai dengan konsep Peirce diklasifikasikan menjadi tiga bagian, yakni: a) Ikon, yaitu tanda yang memiliki ‘kemiripan’ rupa dengan objeknya. b) Indeks, yaitu tanda yang memiliki keterkaitan fenomenal atau eksistensi dengan objeknya. c) Simbol, yaitu jenis tanda yang bersifat arbitrer atau konvensional sesuai kesepakatan atau konvensi sejumlah orang atau masyarakat. Dan pesan tersembunyi yang terdapat dalam iklan Ades.Dalam penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Data primer berupa observasi, data yang dikumpulkan dalam penelitian ini diperoleh langsung dengan dokumentasi berupavideo iklan Ades yang sudah di unggah atau di download melalui youtube. Sedangkan data sekunder berupa dokumentasi dan riset kepustakaan, yaitu mencari data mengenaihal-hal yang berkaitan dengan iklan Ades melalui internet dan buku yang berkaitan.
    Adapun teknik analisis data Setelah data primer dan sekunder terkumpul, dilakukan analisis data dengan menggunakan teknik analisis semiotika Charles Sander Peirce. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Filling System.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa temuan tanda dalam iklan Ades menyiratkan pesan tersembunyi tentang kepedulian lingkungan hidup. Iklan Ades diharapkan dapat terus menjaga peneguhan kepada konsumen dalam kampanye lingkungan yang diusung sebagai wujud komitmen Coca-Cola Amatil Indonesia yaitu sustainable (berkelanjutan). Selain melalui iklan, bisa melalui media sosial yang lain.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dra. Purwaningsih, M.Si & Nurliah, S.Sos., M.I.Kom
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 29 Juni 2015
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email