PERAN DINAS KOPERASI DAN USAHA KECIL MENENGAH (UKM) DALAM PEMBERDAYAAN PENGRAJIN SARUNG SAMARINDA DI KECAMATAN SAMARINDA SEBERANG (Rini Tumiar Nainggolan )

June 17, 2015
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Jun 17, 2015 @ 10:52 AM
IP: 110.136.193.194

  • 1. Title [Judul]: PERAN DINAS KOPERASI DAN USAHA KECIL MENENGAH (UKM) DALAM PEMBERDAYAAN PENGRAJIN SARUNG SAMARINDA DI KECAMATAN SAMARINDA SEBERANG
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Rini Tumiar Nainggolan
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Peran Dinas Koperasi dan UKM, pemberdayaan dan pengrajin sarung samarinda
  • 4. Description [Abstrak] :
    Rini Tumiar Nainggolan, Peran Dinas koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah dalam pemberdayaan pengrajin sarung samarinda di Kecamatan Samarinda Seberang. Dibawah bimbingan Bapak Drs. Daud Kondorura, M.Si dan Bapak Dr. M. Zaini, M.Si.
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan peran yang dilakukan serta hambatan yang dihadapi dinas koperasi dan UKM dalam pemberdayaan pengrajin sarung samarinda di kecamatan samarinda seberang. Indikator penelitian ini antara lain: 1) koordinasi; 2) pembinaan; 3) Monitoring dan Evaluasi.
    Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara library research dan field work research, analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif.
    Dari hasil penelitian diperoleh gambaran bahwa Dinas Koperasi dan UKM Kota Samarinda sudah berusaha melakukan upaya pemberdayaan terhadap pengrajin sarung samarinda di Kecamatan Samarinda Seberang melalui pelaksanaan koordinasi, pembinaan, monitoring dan evaluasi. Dalam upaya pemberdayaan tersebut Dinas Koperasi dan UKM menyusun berbagai program pemberdayaan namun program-program tersebut tidak semuanya berjalan dengan baik.
    Adapun yang menjadi saran adalah sebaiknya Dinas Koperasi dan UKM lebih meningkatkan perannya demi tercapainya tujuan pemberdayaan untuk menjadikan pengrajin sarung samarinda yang madiri serta meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil kerajinan sarung samarinda sehingga perkembangan ekonomi kerakyatan dalam hal ini pengrajin sarung samarinda dapat terwujud dan sejalan pada otonomi daerah Samarinda
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs Daud Kondorura, M.Si & Dr. M Zaini, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 17 Juni 2015
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email