PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS KERJA GURU DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) NURUL HADI SAMARINDA (Rilla Apriani)

April 20, 2015
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Apr 20, 2015 @ 3:28 PM
IP: 36.75.41.125

  • 1. Title [Judul]: PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS KERJA GURU DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) NURUL HADI SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Rilla Apriani
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Kepala Sekolah, Efektivitas Kerja Guru
  • 4. Description [Abstrak] : Rilla Apriani, Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Efektivitas Kerja Guru di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Nurul Hadi Samarinda. Di bawah bimbingan Bapak Dr. Enos Paselle, S.Sos, M.AP dan Ibu Dr. Fajar Apriani, S.Sos., M.Si.
    Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran Kepala Sekolah dalam meningkatkan efektivitas kerja guru di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Nurul Hadi Samarinda dan mengetahui kendala-kendala yang dihadapi oleh Kepala Sekolah dalam meningkatkan efektivitas kerja guru di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Nurul Hadi Samarinda.
    Adapun fokus penelitian ini adalah: 1. Peran Kepala Sekolah meliputi : a. Kepala sekolah sebagai Supervisor Pendidikan, b. Kepala sekolah sebagai Leader (Pemimpin), dan c. Kepala sekolah sebagai Administrator, 2. Kendala-kendala yang dihadapi Kepala Sekolah dalam meningkatkan efektivitas kerja guru. Sumber data primer dalam penelitian ini diantaranya adalah Wakil Kepala Sekolah, guru-guru, Komite Sekolah, dan orangtua murid. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga cara yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan Analisis Data Kualitatif model Interaktif.
    Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah SDIT Nurul Hadi Samarinda belum melaksanakan peranannya sebagai administrator, supervisor, dan pemimpin secara baik serta kendala-kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam meningkatkan efektivitas kerja guru yaitu sarana dan prasarana sekolah yang belum mendukung dan sumberdaya manusia yang belum lengkap.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Enos Paselle, S.Sos., M.AP & Dr. Fajar Apriani, S.Sos., M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 20 April 2015
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email