STUDI TENTANG PELAYANAN KESEHATAN DI UNIT PELAKSANA TEKNIS (UPT) PUSKESMAS PENAJAM KABUPATEN PENAJAM PASER UTARA (Dwi Nopianto)
April 14, 2015
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: ,
On: Apr 14, 2015 @ 5:51 PM
IP: 180.248.84.65
- 1. Title [Judul]: STUDI TENTANG PELAYANAN KESEHATAN DI UNIT PELAKSANA TEKNIS (UPT) PUSKESMAS PENAJAM KABUPATEN PENAJAM PASER UTARA
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Dwi Nopianto
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Kesehatan, Pelayanan Masyarakat, Puskesmas
- 4. Description [Abstrak] : Abstrak
Dwi Nopianto, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Program Studi Ilmu Pemerintahan Universitas Mulawarman. Judul Skripsi Studi Tentang Pelayanan Kesehatan di Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPT) Puskesmas Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara. Di bawah bimbingan Bapak Drs. Daud Kondorura, M. Si selaku Dosen Pembimbing I dan Bapak Dr. Drs Erwin Resmawan, M.Si selaku Dosen Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelayanan kesehatan di Puskesmas Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara dan untuk mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat pelayanan kesehatan di Puskesmas Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara.
Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan mempelajari dokumen-dokumen yang berkaitan dengan penelitian ini dan studi lapangan dengan pengamatan langsung dan wawancara. Pemilihan responden menggunakan teknik purposive sampling dan aksidental sampling. Fokus penelitian ini adalah : 1) Ketersediaan pelayanan 2) Aktivitas pelayanan 3) Penerimaan Pelayanan 4) Ketercapaian Pelayanan 5) Kenyamanan pelayanan 5) Faktor-faktor pendukung dan penghambat pelayanan di Puskesmas Penajam.
Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa ketersedian pelayanan kesehatan di puskesmas cukup lengkap kemudian Aktivitas pelayanan pun berjalan secara efektif dan efesien dan di dalam penerimaaan pelayanan di puskesmas pun cukup mudah untuk di pahami oleh masyarakat. Ketercapain pelayanan puskesmas tergolong mudah di akses oleh masyarakat Penajam tetapi kenyamanan di puskesmas cukup kurang dengan kurangnya fasilitas operasional tetapi dalam hal sikap pegawai dalam memberikan pelayanan cukup baik. Faktor pendukung pelayanan di puskesmas penajam adalah adanya pelatihan – pelatihan untuk pegawai demi meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dan faktor penghambat terdiri dari kurangnya koodinasi antar pegawai dan adanya rangkap jabatan. - 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. Daud Kondorura, M.Si & Dr. Erwin Resmawan, M.Si
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 14 April 2015
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: http://ejournal.ip.fisip-unmul.ac.id/site/?p=1281
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel