STRATEGI PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) TIRTA TUAH BENUA DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN KEPADA MASYARAKATDI KOTA SANGATTA (Juslina)
April 9, 2015
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: ,
On: Apr 9, 2015 @ 1:41 PM
IP: 110.139.9.50
- 1. Title [Judul]: STRATEGI PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) TIRTA TUAH BENUA DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN KEPADA MASYARAKATDI KOTA SANGATTA
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Juslina
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Strategi, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), Pelayanan
- 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana strategi dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Tuah Benua dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di Kota Sangatta, serta untuk melihat hasil yang dicapai dengan strategi yang sudah ditetapkan dan dijalankan oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Tuah Benua.
Sumber data diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk memberikan gambaran serta penjelasan tentang variabel yang diteliti. Analisis data model interaktif dari Milles dan Hubermen, yang diawali dengan proses pengumpulan data, penyerderhanaan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi yang dijalankan oleh PDAM Tirta Tuah Benua dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di Kota Sangatta yaitu meliputi Peningkatan Kualitas, Kuantitas dan Kontinuitas pelayanan, Penurunan Tingkat Kehilangan Air, Peningkatan dan Pengembangan Cakupan Pelayanan, Penyesuaian Tarif Air Minum (FCR) serta Peningkatan Profesionalisme SDM. PDAM Tirta Tuah Benua secara keseluruhan telah mengoptimalkan pada setiap pelaksanaannya, tebukti dengan adanya upaya-upaya yang dilakukan melalui program kerja dan kegiatan yang telah dilaksanakan baik berupa pelatihan-pelatihan dalam peningkatan SDM maupun pembenahan dalam peningkatan kualitas pelayanan PDAM, walaupun dalam pelaksanaannya PDAM Tirta Tuah Benua masih memiliki berbagai kendala dari segi pelayanannya. Hal ini dikarenakan oleh beberapa faktor, seperti faktor curah hujan, air baku dan lingkungan eksternal. PDAM Tirta Tuah Benua saat ini lebih fokus terhadap pembenahan Internal PDAM. - 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. H. Muh. Jamal Amin, M.Si & Lutfi Wahyudi, S.Sos., M.Si
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 9 April 2015
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: http://ejournal.ip.fisip-unmul.ac.id/site/?p=1279
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel