ANALISA KOMUNIKASI TERAPEUTIK DOKTER DAN PASIEN DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN KESEHATAN IBU DI RUMAH SAKIT AISYIYAH SAMARINDA (Siti Aulia Kharisma Agnena)

March 2, 2015
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Mar 2, 2015 @ 2:43 PM
IP: 36.75.93.47

  • 1. Title [Judul]: ANALISA KOMUNIKASI TERAPEUTIK DOKTER DAN PASIEN DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN KESEHATAN IBU DI RUMAH SAKIT AISYIYAH SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Siti Aulia Kharisma Agnena
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Komunikasi terapeutik, terapeutik dokter, pelayanan kesehatan
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisa proses komunikasi terapeutik yang terjadi antara dokter dan pasiennya di Rumah Sakit Ibu dan Anak Aisyiyah Samarinda serta untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat pada saat terjadi proses komunikasi terapeutik guna meningkatkan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit tersebut.
    Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dan pengambilan sumber data menggunakan teknik Accidental Sampling dan Purposive Sampling. Purposive Sampling adalah teknik yang dipakai penulis dalam memilih key information yaitu teknik yang memakai pertimbangan tertentu ini yang dianggap paling tahu tentang apa yang diharapkan, atau mungkin sebagai penguasa sehingga akan memudahkan penulis menjelajahi obyek/situasi sosial yang diteliti. Accidental Sampling adalah teknik yang digunakan penulis dalam menentukan informan yaitu berdasarkan kebetulan, siapa saja yang secara keseluruhan kebetulan bertemu dengan penulis yang pada saat itu di hari yang sama dengan waktu yang berbeda bersamaan dengan penulis melakukan wawancara dengan dokter di Rumah Sakit.
    Pelayanan di Rumah Sakit Aisyiyah sudah sangat optimal dan berjalan sesuai harapan pasien dan juga berjalan sesuai dengan visi, misi, tujuan, falsafah dan motto yang menjadi pedoman di Rumah Sakit tersebut, segala hal yang berkaitan dengan komunikasi terapeutik yang terjadi sudah tergolong sangat efektif dan efesien dalam pelayanan yang diberikan dokter saat menghadapi pasien-pasiennya. Hal ini dapat di lihat dari grafik kunjungan pertahunnya dan berdasarkan hasil wawancara peneliti dengan staf rumah sakit, dokter, dan beberapa pasien yang ada bahwa benar adanya para dokter di Rumah sakit Aisyiyah sangat mengutamakan pelayanan guna meningkatkan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit tersebut.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. Sugandi, M.Si & Hj. Hairunisa, S.Sos.,M.M
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 02 Maret 2015
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading