STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK CALON LEGISLATIF DALAM MEMENANGKAN PEMILU TAHUN 2014 DI KOTA SAMARINDA (Studi Tentang Calon Legislatif Perempuan di Partai Golkar, Gerindra dan PKS) (Rukmawati Sukarman)

November 17, 2014
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Nov 17, 2014 @ 10:40 AM
IP: 192.168.0.104

  • 1. Title [Judul]: STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK CALON LEGISLATIF DALAM MEMENANGKAN PEMILU TAHUN 2014 DI KOTA SAMARINDA (Studi Tentang Calon Legislatif Perempuan di Partai Golkar, Gerindra dan PKS)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Rukmawati Sukarman
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Komunikasi Politik, Calon Legislatif Perempuan, Pemilu
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui strategi komunikasi politik caleg perempuan dalam memenangkan pemilu tahun 2014 di Kota Samarinda pada caleg perempuan di partai Golkar, Gerindra dan PKS serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat.
    Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Fokus penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.
    Hasil penelitian yaitu strategi komunikasi politik yaitu perencanaan dengan memetakan wilayah, mengetahui target pemilih dan bagaimana menarik simpati mereka, pelaksanaan melakukan sosialisasi dengan keluarga, teman/sahabat, terjun langsung kelapangan, menjadikan masyarakat sebagai relawan, memberikan souvenir, memperkenalkan diri melalui media koran, televisi lokal dan kampanye langsung ke masyarakat, serta evaluasi yaitu caleg perempuan yang berhasil terpilih sebagai anggota DPRD Kota Samarinda yaitu Dapil 1 Ibu Sarlena dari Partai Gerindra dan Dapil 4 Ibu Fitria Al Ydrus dari Partai Golkar.
    Kesimpulan yaitu startegi komunikasi politik yang berhasil terpilih sebagai anggota DPRD Kota Samarinda Provinsi Kaltim yaitu turun langsung kelapangan, hanya menitik beratkan pada pemilih perempuan, memetakan wilayah secara statistik, menarik simpatik, merangkul masyarakat menjadi relawan. Adapun faktor pendukung meliputi dukungan suami, keyakinan dan tekat diri. Sedangkan faktor penghambat meliputi kurang pendekatan dan politik uang.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. H. Burhanudin, M.Si, Nurliah, S.Sos., M.I.Kom
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 17 November 2014
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: ILMU KOMUNIKASI

Loading