STUDI TENTANG PELAYANAN PERAWAT TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP MAWAR RUMAH SAKIT UMUM ABDUL WAHAB SJAHRANIE SAMARINDA (Rusdiana)
November 13, 2014
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: ,
On: Nov 13, 2014 @ 3:56 PM
IP: 180.248.67.195
- 1. Title [Judul]: STUDI TENTANG PELAYANAN PERAWAT TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP MAWAR RUMAH SAKIT UMUM ABDUL WAHAB SJAHRANIE SAMARINDA
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Rusdiana
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Pelayanan Perawat, Kepuasan Pasien, Rumah Sakit .
- 4. Description [Abstrak] : Pelayanan dalam bidang kesehatan menjadi wacana yang terus bergulir dan tidak dapat di lepaskan dari kehidupan sehari-hari begitu banyak manusia yang sakit dan memerlukan pertolongan penyembuhannya salah satu sumber daya paling banyak menyumbang mendukung kepuasan pasien adalah perawat, karena perawatlah yang sering bertemu dengan pasien dalam memberikan pelayanan kepada pasien. Begitu pula terjadi pada rumah sakit umum Abdul Wahab Sjahranie yang merupakan rumah sakit pilihan dikota Samarinda, masih banyak kita temui berbagai permasalahan terkait pelayanan perawat pada kepuasan pasien. Penelitiam ini bertujuan untuk menggambarkan bentuk pelayanan yang dominan terutama pada pasien yang mendapatkan pelayanan selama menjalani perawatan di Mawar.
Berdasarkan hasil penelitian di rumah sakit umum ruang Mawar bahwa bentuk pelayanan yang dominan dari seluruh informan yaitu pelayanan psikologis, karena bentuk psikologis ini berkaitan dengan simpati dan empati perawat kepada pasien ketika pasien sakit segera melakukan tindakan seperti menanyakan keluhan pasien, baik itu sakit pasien ringan maupun sakit berat, dan membantu pasien dalam proses pemulihan hingga pasien tidak sakit lagi. bentuk dukungan yang didapatkan pasien berupa semangat kepada pasien yaitu rajin munum obat dan makan supaya cepat sembuh. Sebagian besar pelayanan sosial/spritual yang diberikan oleh perawat sedikit. Hal itulah yang menjadi penentu pelayanan yang didapatkan pasien selama menjalani perawatan diruang Mawar terkait dengan kepuasan pasien. - 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Pogram Studi/Konsentrasi Sosiologi
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. H. Mass’ad Hatuwe, M.Si & Dra. Hj. Erni Asneli Asneli Asbi, M.Si
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 13 November 2014
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: http://ejournal.sos.fisip-unmul.ac.id/site/?p=660
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel