Pengaruh Inflasi dan Kurs Rupiah/ Dolar Amerika terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) (Yuni Appa)

October 20, 2014
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Appa, Yuni
On: Oct 20, 2014 @ 9:51 AM
IP: 36.78.144.24

  • 1. Title [Judul]: Pengaruh Inflasi dan Kurs Rupiah/ Dolar Amerika terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Yuni Appa
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: inflasi, kurs rupiah/dolar Amerika dan Indeks Harga Saham Gabungan
  • 4. Description [Abstrak] : Pasar modal yang ada di Indonesia merupakan pasar yang sedang berkembang (emerging market) yang dalam perkembangannya sangat rentan terhadap kondisi makroekonomi secara umum. Untuk melihat perkembangan pasar modal, indikator yang digunakan adalah IHSG, yang merupakan salah satu indeks pasar saham yang digunakan oleh Bursa Efek Indonesia. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda
    Uji penyimpangan asumsi klasik menunjukkan data terdistribusi normal dan tidak diperoleh suatu penyimpangan. Berdasarkan hasil perhitungan Uji Anova diperoleh nilai F hitung = 5,812 dengan signifikansi F sebesar 0.005. Dengan menggunakan tingkat signifikansi 0,05 diperoleh nilai F tabel sebesar 3,30. Maka F hitung (5,812) > F tabel (3,30), atau signifikansi F sebesar 0,005 lebih kecil dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua variabel independen yaitu nilai tukar rupiah/dolar Amerika dan, inflasi IHK secara bersama-sama berpengaruh terhadap Indeks Harga Saham Gabungan di Bursa Efek Indonesia diterima.
    Secara parsial variabel nilai tukar rupiah/dolar Amerika berpengaruh signifikan. Sedangkan variabel inflasi IHK tidak signifikan. Dan dari kedua variabel tersebut yang paling dominan pengaruhnya terhadap Indeks Harga Saham Gabungan adalah nilai tukar rupiah/dolar Amerika. Dengan nilai standardized Coefficient sebesar 0,649 dan probabilitas signifikasi sebesar 0,003.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. La Ode Hasiara,SE.MM.,MPd.,Ak.,CA dan Eko Widyanto, SE.,M.SA
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 20/10/2014
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal Article

Loading

Print Friendly, PDF & Email