PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PT CITRA VAN TITIPAN KILAT SAMARINDA (Sohibul Rosyidi)

September 11, 2014
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Rosyidi, Sohibul
On: Sep 11, 2014 @ 2:51 PM
IP: 103.31.207.25

  • 1. Title [Judul]: PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PT CITRA VAN TITIPAN KILAT SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Sohibul Rosyidi
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Relationship Marketing dan Loyalitas Pelanggan
  • 4. Description [Abstrak] : Bisnis jasa penitipan/ekspedisi di Indonesia memiliki persaingan yang sangat kompetitif dan perkembangan bisnis yang sangat pesat serta pelaku usaha ekspedisi harus memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh relationship marketing yang terdiri dari manfaat keuangan (X1), manfaat sosial (X2), dan ikatan struktual (X3) terhadap loyalitas pelanggan (Y) PT Citra Van Titipan Kilat (TIKI) di Samarinda, serta untuk mengetahui variabel relationship marketing mana yang paling berpengaruh. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan corporate TIKI di Samarinda. Sampel penelitian berjumlah 68 responden dengan menggunakan rumus slovin. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil analisis dengan menggunakan persamaan regresi linear berganda menunjukkan persamaan regresi sebagai berikut : Y= 1.458 a + 0,101 X1 + 0.299 X2 + 0,202 X3. Hasil uji simultan (Uji F) menunjukan bahwa secara bersama-sama variabel manfaat keuangan (X1), manfaat sosial (X2) dan ikatan struktural (X3) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan (Y) TIKI di Samarinda. Hasil uji parsial (Uji t) menunjukan bahwa hanya variabel manfaat sosial (X2) yang berpengaruh signifikan, sedangkan variabel manfaat keuangan (X1) dan ikatan struktural (X3) tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan (Y) TIKI di Samarinda. Hasil perbandingan koefisien regresi menunjukan bahwa, variabel yang paling berpengaruh adalah variabel manfaat sosial (X2). Nilai R (Koefisien Korelasi) yang diperoleh sebesar 44% dan nilai R Square (Koefisien Determinasi) sebesar 19,4%.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Ir. Noercahyono. MM dan Rr. Marliana. SE,MM
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2014
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: ejournal Article

Loading