ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERTUMBUHAN EKONOMI SEBAGAI INPUT DALAM FORMULASI KEBIJAKAN PUBLIK DIBIDANG EKONOMI DI KABUPATEN NUNUKAN (Haeruddin Rauf)

August 30, 2014
Filed under: Data Portal Mahasiswa S2 

Data Portal Mahasiswa S2

Submitted by: ,
On: Aug 30, 2014 @ 10:43 AM
IP: 36.82.214.63

  • 1. Title [Judul]: ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERTUMBUHAN EKONOMI SEBAGAI INPUT DALAM FORMULASI KEBIJAKAN PUBLIK DIBIDANG EKONOMI DI KABUPATEN NUNUKAN
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Haeruddin Rauf
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Pertumbuhan Ekonomi
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis factor-faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi serta mengkaji dan membuat alternatif rumusan kebijakan pengembangan dan faktor-faktor yang berpengaruh tersebut di Kabupaten Nunukan. Faktor-faktor yang diteliti adalah investasi swasta, pertumbuhan, penduduk, pengeluaran pembangunan, pengeluaran rutin, pajak dan ekspor sebagai independen variabel sedangkan dependen variabelnya adalah pertumbuhan ekonomi.
    Metode Penelitian yang digunakan yaitu Regresi Berganda, yang merupakan teknik statistik yang secara simultan meneliti pengaruh dan dua atau Iebih variabel independen terhadap satu variabel dependen. Dalam penelitian ini ingin menguji pengaruh secara parsial dan simultan variable independen yaitu Investasi swasta, pertumbuhan penduduk, pengeluaran pembangunan, pengeluaran rutin, pajak dan ekspor terhadap pertumbuhan ekonomi. Hasil regresi selanjutnya diuji secara statistik meliputi uji signifikansi parsial, Kemudian dilakukan pendekatan PEST Analysis (Political, Economic, Technological, and Social Analysis ) yang bertujuan menjawab pertanyaan bagaimana mendapatkan alternatif formulasi kebijakan, tepat dan dapat dilaksanakan dalam peningkatan pertumbuhan ekonomi.
    Hasil penelitian menunjukkan investasi swasta, pengeluaran rutin, pajak dan ekspor signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, sedangkan pertumbuhan penduduk dan pengeluaran pembangunan tidak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, setelah dikembangkan dengan penilaian yang komprehensif yaitu dilihat aspek ekonomi, teknis, administrasi, hukum sosial dan politik, yang selanjutnya untuk mendapatkan alternatif pilihan terbaik dan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi tersebut, maka investasi swasta mendapat prioritas utama selanjutnya pajak dan Ekspor yang nantinya diusulkan sebagai input rumusan kebijakan publik dalam hal pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Nunukan.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Prrogram Magister Ilmu Administrasi Negara (MIAN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.]: Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si dan Prof. Dr. Aji Ratna Kusuma, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 30/08/2014
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel Jurnal

Loading

Print Friendly, PDF & Email