STUDI TENTANG TATA RUANG KANTOR UNTUK MENCAPAI EFISIENSI KERJA PADA DINAS PERHUBUNGAN KOTA SAMARINDA (SANTI SUARDI)

August 20, 2014
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Aug 20, 2014 @ 2:33 PM
IP: 36.75.89.47

  • 1. Title [Judul]: STUDI TENTANG TATA RUANG KANTOR UNTUK MENCAPAI EFISIENSI KERJA PADA DINAS PERHUBUNGAN KOTA SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: SANTI SUARDI
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Tata Ruang Kantor, Efisiensi Kerja
  • 4. Description [Abstrak] : SANTI SUARDI, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman. Studi Tentang Tata Ruang Kantor Untuk Mencapai Efisiensi Kerja Pada Dinas Perhubungan Kota Samarinda. Dibawah bimbingan Bapak Drs. Endang Erawan, M.Si dan ibu Dra. Rossa Anggraeiny, M.Si. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian untuk mengetahui pelaksanaan Tata Ruang Kantor Pada Dinas Perhubungan Kota Samarinda serta faktor penghambatnya. Fokus penelitian pengaturan ruang kerja dan peralatan kerja, Tata cahaya, Warna, Udara dan Suara serta faktor penghambat pelaksanaan tata ruang kantor pada Dinas Perhubungan Kota Samarinda. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumen-dokumen. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara.Hasil penelitian pengaturan ruang kerja dan peralatan kantor tidak menerapkan asas jarak terpendek dan asas rangkaian kerja. Alur prosedur kerja yang berbelok dan menyilang dan peralatan kerja yang diletakkan tidak dekat dengan tempat duduk pegawai mengakibatkan pegawai melakukan pemborosan waktu dan tenaga sehingga menimbulkan rasa cepat lelah bagi pegawai, kondisi tersebut menunjukkan efisiensi dalam bekerja tidak terwujud, faktor-faktor yang mempengaruhi dalam tata ruang kantor seperti cahaya/penerangan yang tidak sesuai dengan jenis pekerjaan menyebabkan mata cepat lelah yang berakibat pada mutu pekerjaan, latar warna biru pada dinding Dinas Perhubungan Kota Samarinda memberikan efek sejuk dan keleluasaan, kualitas udara yang kurang baik dapat mengganggu kesehatan pegawai, suara musik yang sering diperdengarkan sebagai alat relaksasi bagi pegawai. Gedung yang kecil dengan pegawai yang banyak mengakibatkan ruang kerja menjadi sempit pula merupakan faktor penghambat dalam tata ruang kantor untuk mencapai efisiensi kerja pada Dinas Perhubungan Kota Samarinda, selain itu kurangnya peralatan kantor yang dibutuhkan dalam bekerja dan untuk memenuhinya dibutuhkan proses yang lama, hal tersebut mengakibatkan pegawai menggunakan peralatan pribadi untuk memenuhi kekurangan tersebut
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. Endang Erawan, M.Si & Dra. Rosa Anggraeiny, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 20 AGUSTUS 2014
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: ARTIKEL

Loading