PROFESIONALISME APARATUR SATUAN POLISI PAMONG PRAJA DALAM PENEGAKAN PERATURAN DAERAH DI KABUPATEN PENAJAM PASER UTARA (MELDA AMBARWATI)

July 18, 2014
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Jul 18, 2014 @ 2:38 AM
IP: 36.75.45.4

  • 1. Title [Judul]: PROFESIONALISME APARATUR SATUAN POLISI PAMONG PRAJA DALAM PENEGAKAN PERATURAN DAERAH DI KABUPATEN PENAJAM PASER UTARA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: MELDA AMBARWATI
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Profesionalisme, Satpol PP, Peraturan Daerah, Equality, Equity, Loyality dan Acc
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini membahas tingkat Profesionalisme aparatur Satuan Polisi Pamong Praja dalam penegakan Peraturan Daerah di Kabupaten Penajam Paser Utara yang difokuskan pada tuntutan good governance yang memiliki empat elemen pokok yaitu equality, equity, loyality dan accountability sehingga terlaksana dengan mutu yang tinggi, waktu yang tepat, cermat dan dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang ditetapkan serta untuk mengetahui factor-faktor penghambat professionalism aparatur Satuan Polisi Pamong Praja.
    Penelitian dilaksanakan di Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Penajam Paser Utara. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun yang menjadi narasumber yaitu Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, Kepala Bidang Penegakan Perundang-undangan, Kepala Seksi Oprasional dan Pengendalian, anggota Satuan Polisi Pamong Praja serta beberapa masyarakat yang pernah berurusan langsung dengan aparatur Satuan Polisi Pamong Praja dalam penegakan Peraturan Daerah untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas sesuai kebutuhan penulis.
    Profesionalisme aparatur Satuan Polisi Pamong Praja di Kabupaten Penajam Paser Utara telah menjalankan proses penegakan Peraturan Daerah berdasarkan tuntutan good governance yang terdiri atas empat elemen yaitu equality, equity, loyality dan accountability sehingga mendapatkan hasil kerja dengan mutu tinggi, estimasi waktu yang tepat dan prosedur yang didasari SOP ( Standar Oprasional Prosedur ). Hal tersebut dilakukan dengan pendekatan persuasif kepada masyarakat agar tidak menimbulkan konflik, walaupun tidak dapat dikatakan profesionalisme sepenuhnya karena tingkat kedisiplinan Satuan Polisi Pamong Praja yang masih rendah. Ada beberapa factor penghambat yang mempengaruhi tingkat profesionalisme yaitu faktor internal dan eksternal.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Muh. Jamal Amin, M.Si & Budiman S.IP, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 16 JULI 2014
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: ARTIKEL

Loading

Print Friendly, PDF & Email