IMPLEMENTASI PERATURAN PEMERINTAH NO. 43 TAHUN 1998 TENTANG UPAYA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN SOSIAL PENYANDANG CACAT DI KOTA SAMARINDA (Ahmad Adi Putra)

June 18, 2014
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Jun 18, 2014 @ 10:41 AM
IP: 110.139.151.95

  • 1. Title [Judul]: IMPLEMENTASI PERATURAN PEMERINTAH NO. 43 TAHUN 1998 TENTANG UPAYA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN SOSIAL PENYANDANG CACAT DI KOTA SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Ahmad Adi Putra
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Implementasi,PeraturanPemerintah,Penyandang Cacat.
  • 4. Description [Abstrak] : Implementasi Peraturan Pemerintah No 43 Tahun 1998 Tentang Upaya Peningkatan Kesejahteraan Sosial Penyandang Cacat Di Kota Samarinda Dengan Pembimbing I Ibu Dra. Rita Kala Linggi,M.Si. dan Pembimbing II Drs.H. Massad Hatuwe, Msi.
    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Peraturan Pemerintah No 43 Tahun 1998 Tentang Upaya Peningkatan Kesejahteraan Sosial Penyandang Cacat Di Kota Samarinda dan Untuk mengetahui faktor-faktor penghambat dan pendukung dalam melaksanakan Implementasi Peraturan Pemerintah No 43 Tahun 1998 Tentang Upaya Peningkatan Kesejahteraan Sosial Penyandang Cacat Di Kota Samarinda.
    Metode dalam penulisan ini adalah deskriptif kualitatif. Fokus utama penelitian yang ditetapkan adalah Implementasi Peraturan Pemerintah No 43 Tahun 1998 Tentang Upaya Peningkatan Kesejahteraan Sosial Penyandang Cacat Di Kota Samarinda. Dan faktor penghambat serta faktor pendukung dalam melaksanakan Peningkatan Kesejahteran Sosial Penyandang Cacat. Jenis data yang digunakan meliputi data primer dan data skunder, sedangkan sumber data yang diambil dari informen yang kompeten, diantaranya yaitu Kepala Dinas Kesejahteraan Sosial Penyandang Cacat dan KASI Rehabilitasi Penyandang Cacat dengan beberapa orang staf yang tugasnya berkaitan dengan masalah penelitian yang saya teliti dan para penyandang cacat. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman.
    Dari hasil penelitian pelaksanaan peningkatan kesejahteraan sosial penyandang cacat dilakukan Dinas Kesejahteraan Sosial Kota Samarinda melalui rehablitasi pendidikan, kesehatan dan pelatihan serta bantuan sosial dalam bentuk material dan finansial, semuanya sudah berjalan dengan cukup baik karna telah dirasakan manfaatnya oleh penyandang cacat. Dalam faktor pendukung yaitu sudah terjalinnya kerjasama yang baik antara dinas kesejahteraan sosial dan LSM yang terkait, dan kesadaran serta dukungan dari keluarga penyandang cacat yang sangat tinggi sedangkan Faktor penghambat jumlah aparatur yang masih kurang, belum adanya pusat rehabilitasi yang dikelola pemerintah daerah sendiri dan faktor anggaran dana.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dra. Rita Kala Linggi,M.Si danDrs. H. Massad Hatuwe,M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2014
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: artikel ejournal

Loading

Print Friendly, PDF & Email