PENANGANAN PEDAGANG KAKI LIMA OLEH DINAS PASAR KOTA SAMARINDA (Studi Kasus PKL Pasar Pagi Kota Samarinda) (Tangkas P. Simamora)
March 2, 2014
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: Simamora, Tangkas P.
On: Mar 2, 2014 @ 2:36 PM
IP: 202.67.38.17
- 1. Title [Judul]: PENANGANAN PEDAGANG KAKI LIMA OLEH DINAS PASAR KOTA SAMARINDA (Studi Kasus PKL Pasar Pagi Kota Samarinda)
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Tangkas P. Simamora
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Pedagang Kaki Lima Pasar Pagi, Dinas Pasar.
- 4. Description [Abstrak] : TANGKAS P. SIMAMORA, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman. Penanganan Pedagang Kaki Lima oleh Dinas Pasar Kota Samarinda (Studi Kasus PKL Pasar Pagi Kota Samarinda), di bawah bimbingan Dr. H. Achmad Djumlani, M.Si dan Santi Rande, S.Sos., M.Si. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penanganan yang dilakukan Dinas Pasar Kota Samarinda terhadap Pedagang Kaki Lima Pasar Pagi Kota Samarinda dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambatnya. Fokus penelitian meliputi penanggulangan sampah pasar, operasional ketertiban, keamanan pasar, pemeliharaan pasar, faktor pendukung dan penghambat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan penelitian dokumen. Sumber data diperoleh melalui pengamatan langsung ke lokasi penelitian dan mengadakan wawancara dengan responden. Hasil penelitian menyatakan bahwa penanganan oleh Dinas Pasar Kota Samarinda sudah cukup optimal. Penanggulangan sampah pasar, Dinas Pasar Kota Samarinda melakukan tiga tahapan yaitu pengumpulan sampah, pengangkutan, pembuangan akhir. Operasional keamanan, ketertiban, Dinas Pasar melakukan penertiban PKL yang berjualan tidak sesuai tempat, menyediaan los/petak bagi para pedagang. Pemeliharaan pasar, pertama pemeliharaan rutin yaitu pembersihan saluran-saluran pembuangan, mengontrol talang dari sumbatan sampah. Kedua pemeliharaan berkala seperti retaknya atap bangunan, perbaikan lantai pasar yang rusak. Ketiga pemeliharaan darurat yaitu kerusakan yang terjadi secara tiba-tiba dan kerusakan yang ditimbulkan sangat parah misalnya akibat kebakaran, gempa bumi. Faktor pendukung penanganan PKL oleh Dinas Pasar yaitu Peraturan Daerah Kota Samarinda Nomor 19 Tahun 2001 tentang Pengaturan dan Pembinaan Pedagang Kaki Lima, adanya pengawasan secara terus menerus serta adanya penegakan sanksi. Faktor penghambatnya, minimnya sarana fasilitas operasional serta jumlah personil yang masih kurang dan kurangnya peran aktif masyarakat.
- 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. H. Achmad Djumlani, M.Si., Santi Rande, S.Sos., M.Si
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2014
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: http://ejournal.an.fisip-unmul.ac.id/site/?p=884
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel eJournal