Studi tentang Pelaksanaan Standar Pelayanan IMB pada Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (BPPTSP) Kota Samarinda (Hendra Wibowo Hului)

March 2, 2014
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Hului, Hendra Wibowo
On: Mar 2, 2014 @ 2:17 PM
IP: 202.67.38.17

  • 1. Title [Judul]: Studi tentang Pelaksanaan Standar Pelayanan IMB pada Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (BPPTSP) Kota Samarinda
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Hendra Wibowo Hului
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Izin Mendirikan Bangunan (IMB), BPPTSP Kota Samarinda
  • 4. Description [Abstrak] : HENDRA WIBOWO HULUI, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman. Studi Tentang Pelaksanaan Standar Pelayanan IMB Pada BPPTSP Kota Samarinda. Dibawah bimbingan Bapak Dr. Anthonius Margono, M.Si dan Bapak Dr. Enos Paselle, S.Sos., M.AP. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian untuk mengetahui pelaksanaan standar pelayanan IMB BPPTSP Kota Samarinda serta faktor pendukung dan faktor penghambatnya. Fokus penelitian Prosedur pelayanan, Waktu penyelesaian, Biaya pelayanan, Produk pelayanan, dan Sarana dan prasarana. Serta faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan standar pelayanan IMB Pada BPPTSP Kota Samarinda. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumen-dokumen. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara. Hasil penelitian pengaturan tata cara pengajuan permohonan pembuatan IMB di BPPTSP telah diterapkan. Prosedur pelayanan IMB telah memenuhi kriteria dalam prinsip pelayanan publik yaitu keserderhanaan: prosedur tidak berbelit-belit, mudah dipahami dan dilaksanakan, kejelasan persyaratan teknis dan administrasi. Waktu penyelesaian pembuatan IMB telah memenuhi kriteria kepastian waktu penyelesaian, namun dalam pelaksanaannya masih tidak maksimal, masih terdapat keterlambatan dalam penyelesaian pembuatan IMB. Biaya pelayanan telah memenuhi kriteria kejelasan biaya pelayanan publik dan tata cara pembayarannya. Produk pelayanan IMB telah memenuhi kriteria yang terdapat pada prinsip pelayanan publik yaitu akurasi; produk pelayanan publik diterima dengan benar, tepat dan sah dan memiliki legalitas atau kepastian hukum. Sarana dan prasarana telah memenuhi kriteria yaitu kelengkapan sarana dan prasarana kerja guna menunjang dalam pelayanan pembuatan IMB. Faktor yang mendukung adalah dasar hukum yang jelas, kesiapan petugas pelaksana dalam melaksanakan pelayanan perijinan, sarana dan prasarana yang memadai. Faktor penghambat adalah kurangnya jumlah pegawai di BPPTSP, kesadaran masyarakat masih rendah terhadap kepemilikan Sertifikat IMB.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Athonius Margono, M.Si., Dr. Enos Paselle, S.Sos.,M.AP
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2014
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel eJournal

Loading