PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) DI RT.24 KELURAHAN DADIMULYA KOTA SAMARINDA (Widi Nur Apriliani)
February 21, 2014
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: ,
On: Feb 21, 2014 @ 4:33 PM
IP: 110.136.207.238
- 1. Title [Judul]: PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) DI RT.24 KELURAHAN DADIMULYA KOTA SAMARINDA
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Widi Nur Apriliani
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Persepsi Masyarakat, Pelayanan PDAM
- 4. Description [Abstrak] : Abstrak
Artikel ini berisi tentang persepsi masyarakat RT.24 Kelurahan Dadimulya Kota Samarinda terhadap pelayanan yang diberikan oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Artikel ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di RT. 24 Kelurahan Dadimulya Kota Samarinda. Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan atau melukiskan obyek yang diteliti berdasarkan fakta yang ada di lapangan. Dengan menggunakan informasi sebagai sumber data, data-data yang disajikan menggunakan data primer dan sekunder melalui wawancara, observasi dan dokumentasi laporan referensi yang berkaitan dengan penelitian ini, kemudian tehnik analisis data kualitatif dengan model interaktif dari Mathew B Miles dan A. Michael Huberman. Berdasarkan hasil dalam penelitian ini mengungkapkan bahwa persepsi warga RT.24 Kelurahan Dadimulya Samarinda terhadap pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Samarinda mendapat tanggapan yang menggambarkan kepuasan terhadap pelayanan yang diberikan dari 7 aspek pelayanan, sedangkan 3 aspek pelayanan lainnya mendapat tanggapan yang menggambarkan ketidakpuasan. Aspek pelayanan yang mendapat tanggapan yang menggambarkan kepuasan dari persepsi yang diberikan ini diantaranya yaitu; kepuasan terhadap penanganan pemasangan sambungan baru yang dinilai telah dilaksanakan dengan cepat, pendistribusian air minum yang telah dilaksanakan dengan lancar, sistem pembayaran rekening air lewat kantor dan bank yang telah dilaksanakan dengan jelas, keterbukaan informasi dalam hal tarif atau rincian biaya pembayaran, tarif atau rincian biaya pembayaran yang dipersepsikan sudah diberikan secara wajar, pendistribusian air bersih di lingkungan sekitar yang dipersepsikan telah dilaksanakan secara adil dan merata dan penanganan kebocoran pipa yang dipersepsikan cukup baik oleh pihak Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Samarinda. - 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. H. Burhanuddin, M.Si ,Drs. Endang Erawan, M. Si
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2014
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: http://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/?p=1268
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal article