Pengaruh Financial Leverage Terhadap EPS dan ROE pada Perusahaan Sub Sektor Telekomunikasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (Meiliana Stevani Aulia)

November 26, 2013
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Stevani Aulia, Meiliana
On: Nov 26, 2013 @ 12:21 PM
IP: 110.139.150.204

  • 1. Title [Judul]: Pengaruh Financial Leverage Terhadap EPS dan ROE pada Perusahaan Sub Sektor Telekomunikasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Meiliana Stevani Aulia
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: : Financial Leverage, Earning Per Share, Return On Equity
  • 4. Description [Abstrak] : Dengan semakin berkembangnya suatu perusahaan, maka semakin besar pula dana yang dibutuhkan untuk membiayai kegiatan usahanya, untuk membiayai kebutuhan dana suatu perusahaan, sumber dananya dapat berasal dari sumber intern dan ekstern perusahaan. Salah satu cara yang dipakai untuk membiayai kegiatan operasional perusahaan selain menggunakan modal sendiri juga dapat menggunakan modal pinjaman. Tujuan perusahaan melakukan Financial Leverage adalah untuk meningkatkan keuntungan bagi para pemegang saham, dimana pertambahan hasil yang diharapkan atas tambahan modal pinjaman adalah besar dari pada biaya bunga yang dibayarkan. Sehingga pengembalian perusahaan menjadi lebih besar baik dari segi laba bersih, sehingga hasil pengembalian bersih terhadap modal (ROE) maupun pendapatan per lembar saham (EPS) Sehingga dapat berpengaruh terhadap perusahaan.
    Analisis statistik dalam penelitian ini menggunakan metode regresi linier sederhana, dengan bantuan program SPSS versi 17. Berdasarkan hasil uji signifikansi diketahui bahwa Financial leverage berpengaruh terhadap EPS pada perusahaan sub sektor Telekomunikasi yang terdaftar di BEI periode 2010 sampai dengan 2012, hal ini karena nilai signifikansi pada uji t < 0,05 (0,000 < 0,05). Dan dapat diketahui juga bahwa Financial leverage berpengaruh terhadap ROE pada perusahaan sub sektor Telekomunikasi yang terdaftar di BEI periode 2010 sampai dengan 2012, hal ini karena nilai signifikansi pada uji t 0,05). Melihat hasil analisis tersebut maka hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. M. Zaini M.S.i / Eko A. Widyanto, SE.,M.SA
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2013
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal

Loading

Print Friendly, PDF & Email