STRATEGI PROMOSI PERTAMAX PT. ERTAMINA UPMS VI BALIKPAPAN DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN (Kristina Kusnawati Wahyuningtyas)
November 14, 2013
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: Kusnawati Wahyuningtyas, Kristina
On: Nov 14, 2013 @ 7:28 AM
IP: 103.10.67.23
- 1. Title [Judul]: STRATEGI PROMOSI PERTAMAX PT. ERTAMINA UPMS VI BALIKPAPAN DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Kristina Kusnawati Wahyuningtyas
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Promosi, Pertamax, Periklanan, Promosi penjualan, Hubungan masyarakat
- 4. Description [Abstrak] : Artikel ini menyoroti tentang strategi promosi pertamax PT. Pertamina UPMS VI Balikpapan dalam meningkatkan loyalitas pelanggan. Promosi itu sendiri adalah kegiatan untuk menyampaikan informasi, berkomunikasi dan meyakinkan masyarakat terhadap sesuatu. Adanya permasalahan kenaikan harga pada bahan bakar minyak subsidi misalnya, mengakibatkan menipisnya persediaan subsidi oleh pemerintah menipis serta adanya peraturan tentang kebijakan pembatasan BBM subsidi oleh pemerintah dapat menjadi salah satu jalan bagi Pertamina dalam mempromosikan dan meyakinkan masyarakat untuk menggunakan produk bahan bakar andalannya yaitu Pertamax. Dengan melihat kondisi persaingan pasar bahan bakar yang rendah di Balikpapan diharapkan dalam membujuk dan meyakinkan masyarakat agar dapat beralih menggunakan produknya serta mempertahankan pelanggannya dapat menjadi salah satu faktor pendukung bagi PT. Pertamina UPMS VI . Artikel ini memfokuskan pada strategi promosi yang terdapat dalam bauran promosi yaitu periklanan, promosi penjualan, dan hubungan masyarakat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi promosi yang digunakan pada periklanan, promosi penjualan, dan hubungan masyarakat berhasil meyakinkan konsumennya untuk tetap loyal pada produk pertamax dimana konsumen menyatakan kepuasan dan keinginannya untuk tetap loyal pada produk melalui evaluasi yang dilakukan.
- 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dra. Rosa Anggraeiny, M.Si dan Nurliah, S.Sos., M.Ikom
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 13 November 2013
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: http://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/?p=1029
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: jurnal edit