Pengembangan Kompetensi Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 3 Samarinda (Yashinta Nursalsabila)

November 27, 2025
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Web, Admin
On: Nov 27, 2025 @ 2:32 PM
IP: 103.187.88.26

  • 1. Title [Judul]: Pengembangan Kompetensi Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 3 Samarinda
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Yashinta Nursalsabila
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Kompetensi Guru, Kurikulum Merdeka, Pengembangan Kompetensi Guru, Sumber Daya Ma
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan penelitian ini disusun untuk mendeskripsikan pengembangan kompetensi guru yang ada di SMK Negeri 3 Samarinda dalam implementasi Kurikulum Merdeka, serta mengindentifikasi faktor-faktor yang menjadi penghambatnya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan penelitian kepustakaan. Penelitian ini difokuskan pada aspek pengembangan kompetensi guru dalam implementasi Kurikulum Merdeka. Selain itu, penelitian ini juga menelaah faktor-faktor penghambat yang mempengaruhi keberlangsungan proses pengembangan kompetensi guru tersebut. Sumber data dalam penelitian ini didapatkan dari data primer yang bersumber dari key informan yaitu Wakil Kepala bidang Kurikulum SMK Negeri 3 Samarinda dan 3 (tiga) informan guru yang mewakili tiap jenjang kelas, yakni kelas X (sepuluh), XI (sebelas), XII (dua belas) di SMK Negeri 3 Samarinda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan kompetensi guru di SMK Negeri 3 Samarinda dilaksanakan melalui metode pelatihan dan workshop, pendampingan dan mentoring dalam program SMK PK, kolaborasi dan jaringan dengan pihak industri, pemodelan Sekolah Penggerak SMK PK, pemanfaatan platform Merdeka Mengajar, pemantauan sepanjang proses pembelajaran, serta penerimaan umpan balik dan penelitian tindakan di kelas. Namun dalam pelaksanaannya terdapat faktor-faktor yang menghambat pelaksanaan pengembangan kompetensi ini meliputi jadwal pelatihan yang bertabrakan dengan jadwal mengajar di kelas, adanya pemangkasan dana dari pemerintah, serta keharusan pihak sekolah untuk menganggarkan sendiri untuk melaksanakan pelatihan.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Administrasi Publik
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dini Zulfiani, S.Sos., M.Si.
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 27/11/2025
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal Article

Loading