Kolaborasi Badan Pendapatan Daerah Provinsi Kalimantan Timur dengan PT. Pos Indonesia dalam Penyelenggaraan Layanan Samsat Delivery Pos (Sadelpos) (Rahmawaty Yuliastuti Ningsi)
November 26, 2025
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: Web, Admin
On: Nov 26, 2025 @ 3:19 PM
IP: 103.187.88.26
- 1. Title [Judul]: Kolaborasi Badan Pendapatan Daerah Provinsi Kalimantan Timur dengan PT. Pos Indonesia dalam Penyelenggaraan Layanan Samsat Delivery Pos (Sadelpos)
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Rahmawaty Yuliastuti Ningsi
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Kolaborasi, Pembayaran Pajak, Samsat Delivery Pos
- 4. Description [Abstrak] : Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis kolaborasi Badan Pendapatan Daerah Provinsi Kalimantan Timur dengan PT. Pos Indonesia dalam penyelenggaraan layanan Samsat Delivery Pos (Sadelpos). Dan mengidentifikasi faktor penghambat dalam kolaborasinya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan fokus kolaborasi yang dijabarkan dengan sub fokus yaitu (a) Kemitraan; (b) Kemanfaatan; c) Bersaing; (d) Pengendalian dan Pengelolaan Risiko; (e) Efektif dan (f) Efisien serta faktor penghambat. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian dipilih menggunakam teknik purposive sampling. Adapun teknik analisis data berupa kondensasi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan layanan Samsat Delivery Pos (Sadelpos) hasil kolaborasi oleh Badan Pendapatan Daerah Kalimantan Timur dengan PT. Pos Indonesia telah menunjukkan kolaborasi yang baik dan telah memudahkan pembayaran pajak kendaraan bermotor. PT. Pos Indonesia mengelola fasilitas pendukung, sementara Badan Pendapatan Daerah mengoordinasikan program. Layanan ini meningkatkan aksesibilitas bagi masyarakat, termasuk kelompok rentan, serta menambah jumlah wajib pajak dan kepuasan publik. Namun, tantangan seperti kurangnya sosialisasi, gangguan teknis, minimnya sarana prasarana, dan kurangnya koordinasi perlu diperbaiki agar efektivitas layanan terus meningkat.
- 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Administrasi Publik
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Cathas Teguh Prakoso, M.Si
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 26/11/2025
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: https://ejournal.ap.fisip-unmul.ac.id/site/?p=5061
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal Article
![]()

