Kualitas Layanan Sistem Pendaftaran Berbasis Android (SIPERBAN) Pada RSUD Taman Husada Kota Bontang (Kharisma Angeli Sibarani)
			November 4, 2025  
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
		
		Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: Web, Admin
On: Nov 4, 2025 @ 10:00 AM 
IP: 103.187.88.26 
- 1. Title [Judul]: Kualitas Layanan Sistem Pendaftaran Berbasis Android (SIPERBAN) Pada RSUD Taman Husada Kota Bontang
 - 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Kharisma Angeli Sibarani
 - 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Dimensi Kualitas Layanan Elektronik, Sistem Pendaftaran Berbasis Android
 - 4. Description [Abstrak] : Demi mewujudkan pelayanan publik yang cepat, efisien, dan mudah diakses oleh masyarakat, RSUD Taman Husada Kota Bontang mengembangkan sistem pendaftaran berbasis android yang dikenal sebagai SIPERBAN. SIPERBAN bertujuan untuk mempermudah proses pendaftaran pasien sehingga pasien dapat melakukan pendaftaran poliklinik secara mandiri, tanpa harus datang langsung dan mengantri di loket pendaftaran rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas layanan dari aplikasi SIPERBAN serta mengidentifikasi faktor penghambat yang mempengaruhi kualitas layanan SIPERBAN di RSUD Taman Husada Kota Bontang. Jenis Penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan sumber data yang diperoleh dari hasil wawancara, dokumentasi dan observasi. Key informan dalam penelitian ini yaitu Staf Pranata Komputer RSUD Taman Husada Kota Bontang, Staf Pendaftaran RSUD Taman Husada Kota Bontang dan pasien pengguna aplikasi SIPERBAN. Teknik analisis data menggunakan model data interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi SIPERBAN telah berjalan namun kurang optimal. Aplikasi SIPERBAN baik dalam meningkatkan efisiensi pelayanan karena memungkinkan pendaftaran poliklinik dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Aplikasi SIPERBAN juga dinilai andal dan fungsional, meskipun masih terbatas pada pengguna perangkat android. Petugas RSUD Taman Husada Kota Bontang telah memberikan layanan sesuai standar pelayanan, menjaga keamanan data pasien melalui verifikasi OTP, dan menunjukkan responsivitas melalui pendampingan serta loket khusus bagi pengguna SIPERBAN. Komunikasi antar petugas dan pasien berlangsung secara efektif baik langsung maupun melalui media sosial. Sementara itu faktor-faktor penghambat yang ditemukan yaitu kurangnya literasi digital pada pasien lanjut usia dan minimnya pengembangan sistem aplikasi.
 - 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Administrasi Publik
 - 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Prof. Dr. Hj. Aji Ratna Kusuma, M.Si
 - 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 04/11/2025
 - 8. Type: Artikel
 - 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: https://ejournal.ap.fisip-unmul.ac.id/site/?p=5050
 - 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal Article
 
 ![]()

                    