STRATEGI OJEK ONLINE PEREMPUAN DALAM MENINGKATKAN EKONOMI KELUARGA DI KOTA SAMARINDA (Imam Fauyi)

October 15, 2025
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Oct 15, 2025 @ 10:10 AM
IP: 103.80.83.17

  • 1. Title [Judul]: STRATEGI OJEK ONLINE PEREMPUAN DALAM MENINGKATKAN EKONOMI KELUARGA DI KOTA SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Imam Fauyi
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Kata Kunci: Strategi, Ojek Online Perempuan, Ekonomi Keluarga,Kota Samarinda
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi yang diterapkan oleh perempuan pengemudi ojek online dalam meningkatkan ekonomi keluarga di Kota Samarinda. Fenomena ini muncul seiring meningkatnya jumlah perempuan yang bekerja di sektor informal untuk membantu memenuhi kebutuhan rumah tangga di tengah tingginya biaya hidup perkotaan. Dengan peran ganda sebagai ibu rumah tangga dan pencari nafkah, mereka harus mampu menyeimbangkan pekerjaan dan tanggung jawab domestik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi terhadap lima perempuan pengemudi ojek online di Samarinda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi utama mereka bekerja sebagai pengemudi ojek online adalah kebutuhan ekonomi, fleksibilitas waktu, dan keinginan untuk mandiri secara finansial. Strategi yang digunakan mencakup pemilihan jam kerja yang tepat, pemanfaatan fitur aplikasi untuk mencari zona ramai, promosi melalui media sosial, serta menjaga hubungan dengan pelanggan tetap. Selain itu, pengelolaan keuangan yang disiplin menjadi langkah penting dalam mengatur pendapatan yang fluktuatif. Dukungan keluarga dan komunitas sesama pengemudi perempuan juga berperan besar dalam keberhasilan mereka. Namun, perempuan pengemudi menghadapi sejumlah hambatan seperti stigma sosial, risiko keamanan, dan ketidakpastian pendapatan harian. Meskipun demikian, pekerjaan ini terbukti memberikan dampak positif terhadap kesejahteraan keluarga dan memperkuat posisi perempuan dalam perekonomian rumah tangga. Penelitian ini menegaskan pentingnya strategi adaptif dan dukungan sosial bagi perempuan dalam mengoptimalkan peran mereka di sektor ekonomi digital
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Sosiatri
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : A Ismail Lukman, S.Pd,.M.A
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 15 oktober 2025
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: CC BY SA

Loading