STRATEGI BERTAHAN PEDAGANG KONVENSIONAL DI TENGAH BERKEMBANGNYA ONLINE SHOP (Studi Kasus Pada Pedagang Pakaian yang direlokasi dari Pasar Pagi Samarinda ke Segiri Grosir Samarinda) (Nova Dwi Safitri)

July 29, 2025
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Jul 29, 2025 @ 12:20 PM
IP: 182.8.179.226

  • 1. Title [Judul]: STRATEGI BERTAHAN PEDAGANG KONVENSIONAL DI TENGAH BERKEMBANGNYA ONLINE SHOP (Studi Kasus Pada Pedagang Pakaian yang direlokasi dari Pasar Pagi Samarinda ke Segiri Grosir Samarinda)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Nova Dwi Safitri
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Pedagang Konvensional, Strategi Bertahan, Online Shop
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini membahas tentang Strategi Bertahan Pedagang Konvensional di
    Tengah Berkembangnya Online Shop. Terdapat fenomena yang menarik dimana semakin maraknya penggunaan online shop yang menyebabkan perubahan perilaku konsumen dan berdampat langsung terhadap eksistensi pedagang konvensional. Fenomena ini menjadi kompleks ketika para pedagang Pasar Pagi Samarinda harus direlokasi ke Segiri Grosir Samarinda akibat revitalisasi pasar. Rumusan dalam
    masalah penelitian ini adalah bagaimana strategi bertahan pedagang konvensional
    dalam menghadapi perkembangan online shop serta apa saja faktor pendukung dan
    penghambat dari strategi tersebut. Tujuan penelitian ini adakah untuk mendeskripsikan strategi-strategi yang diterapkan oleh pedagang konvensional dalam mempertahankan eksistensi usahanya dan mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa para pedagang menerapkan tiga bentuk
    strategi bertahan yaitu : strategi aktif yaitu melibatkan keluarga dalam operasional
    dan pemberian diskon, strategi pasif yaitu mengikuti tren dan menjaga kualitas
    produk, dan strategi jaringan kerjasama dengan sesama pedagang serta meminjam
    uang dengan kerabat atau pihak luar. Adapun faktor pendukung strategi bertahan meliputi pelayan langsung terhadap pelanggan dan keberagaman produk, sementara faktor penghambatnya adalah perkembangan online shop dan perilaku konsumen. Penelitian ini memberikan gambaran tentang dinamika pedagang konvensional dalam menghadapi tantangan transormasi digital di sektor perdagangan.
    Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi bertahan pedagang konvensional sangat bergantung pada kemampuan adaptasi sosial dan ekonomi dalam menghadapi tantangan digitalisasi pasar.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Sosiatri
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. H. Badruddin Nasir., M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2025
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: EJournal Artikel

Loading