Analisis Digital Governance Di Kabupaten Kutai Timur (Studi Kasus Website Pelayanan “Siap Kawal” Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil) (Difa Ananda)

February 27, 2025
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Feb 27, 2025 @ 9:57 AM
IP: 182.3.139.179

  • 1. Title [Judul]: Analisis Digital Governance Di Kabupaten Kutai Timur (Studi Kasus Website Pelayanan “Siap Kawal” Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Difa Ananda
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: digital governance, pelayanan publik, administrasi kependudukan
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan dan dampak website Siap Kawal dalam administrasi kependudukan di Kabupaten Kutai Timur. hasil penelitian menunjukan bahwa, (a) Digital Strategy, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kutai Timur masih kekurangan staf ahli dalam pengelolaan website Siap Kawal, meskipun begitu tenaga honorer mampu mengoperasikan teknologi untuk pelayanan masyarakat. Selain itu, masyarakat di wilayah terpencil juga menghadapi kendala literasi digital dan akses internet, sehingga pemanfaatan layanan digital belum optimal. Disdukcapil juga memiliki sistem kerja terstruktur dan komitmen terhadap pengembangan aplikasi online, tetapi keberlanjutan layanan ini bergantung pada pemeliharaan teknologi dan kemampuan SDM dalam mengikuti perkembangan digital. (b) Digital Policy, Layanan Siap Kawal telah memberikan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat Kutai Timur dan membantu meringankan beban kerja petugas Disdukcapil. Layanan digital ini tidak hanya meningkatkan aksesibilitas dan efisiensi, tetapi juga berkontribusi pada terciptanya transparansi serta kemandirian masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan. (c) Digital Standards, Layanan digital Siap Kawal di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kutai Timur telah berhasil menerapkan SOP yang jelas dan terstruktur, yang memudahkan masyarakat dengan informasi persyaratan yang komprehensif. Penerapan SOP yang baik ini telah meningkatkan efisiensi dan kepuasan masyarakat dalam mengakses layanan kependudukan secara online, sehingga mendukung terciptanya tata kelola layanan publik yang efektif dan transparan.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program S1 Pemerintahan Integratif (PIN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Jumansyah, S.IP., M.I.Pol
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2025
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel eJournal

Loading