Pengaruh Kualitas Pelayanan Pengurusan E-KTP terhadap Kepuasan Masyarakat di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kutai Kartanegara (Muhammad Alfi Agus Rianda)
November 19, 2024
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: Web, Admin
On: Nov 19, 2024 @ 2:43 PM
IP: 103.187.88.26
- 1. Title [Judul]: Pengaruh Kualitas Pelayanan Pengurusan E-KTP terhadap Kepuasan Masyarakat di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kutai Kartanegara
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Muhammad Alfi Agus Rianda
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Kualitas Pelayanan, E-KTP, Kepuasan Masyarakat
- 4. Description [Abstrak] : Persyaratan atau kewajiban mendasar masyarakat sipil dipenuhi oleh pelayanan publik. Masyarakat membutuhkan Kartu Tanda Penduduk (E-KTP) Untuk menjamin kepuasan masyarakat, petugas yang bertugas mengelola E-KTP memberikan layanan terbaik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan pengurusan E-KTP terhadap kepuasan masyarakat pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kutai Kartanegara. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Adapun yang menjadi populasi yaitu masyarakat yang berkunjung yang melakukan pengurusan E-KTP di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Penentuan sampel yaitu secara acak dan memenuhi kriteria didapatkan 100 orang. Analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana, statistik-t, dan koefisien determinasi. Penelitian ini menemukan pengaruh positif kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat dalam pengurusan E-KTP dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,573, yang menunjukkan hubungan sedang. Analisis regresi linier menunjukkan bahwa setiap perubahan kualitas pelayanan meningkatkan kepuasan masyarakat sebesar 0,268. Koefisien determinasi sebesar 0,328 menunjukkan bahwa kualitas pelayanan memengaruhi kepuasan masyarakat sebesar 32,8%. Sisa 67,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
- 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Administrasi Publik
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Enos Paselle, M.AP
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 18/11/2024
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: https://ejournal.ap.fisip-unmul.ac.id/site/?p=4946
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal Article