Inovasi Aplikasi Pelayanan Kenaikan Pangkat Kepegawaian (Pelayan Kape) di Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Kalimantan Timur (Muhammad Fachri)

October 9, 2024
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Web, Admin
On: Oct 9, 2024 @ 4:57 PM
IP: 103.187.88.26

  • 1. Title [Judul]: Inovasi Aplikasi Pelayanan Kenaikan Pangkat Kepegawaian (Pelayan Kape) di Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Kalimantan Timur
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Muhammad Fachri
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Sistem Online, E-Government, Kenaikan pangkat
  • 4. Description [Abstrak] : Ada beberapa langkah yang diambil oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Kalimantan Timur untuk meningkatkan responsivitas dalam proses pelayanan kenaikan pangkat kepegawaian dengan membuat apliakasi pelayan kape. Pelayan kape merupakan inovasi pada proses pelayanan yang sudah berbasis online dan less papper. Adapun tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis inovasi aplikasi pelayan kape di BKD Provinsi Kaliman Timur menggunakan teori karakteristik inovasi oleh Everett M. Rogers serta mengindentifikasi faktor penghambat inovasi aplikasi pelayan kape di BKD Provinsi Kalimantan Timur. Jenis penelitian yang diterapkan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verfikikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi pelayan kape di BKD Provinsi Kaliman Timur bagi PNS ataupun pegawai bidang kepangkatan dalam proses pelayanan kenaikan pangkat, sesuai dengan nilai dan kebutuhan di BKD Provinsi Kaliman Timur. Tidak menimbulkan kerumitan berarti bagi pegawai bidang kepangkatan karena tampilan aplikasi didisain semudah mungkin untuk digunakan. Aplikasi ini telah diuji coba di internal BKD Provinsi Kalimantan Timur dan telah memungkinkan dicoba di seluruh Operator di Organiasi Perangkat Daerah (OPD). Inovasi ini terdapat kemudahan diamati dibuktikan dengan adanya inovasi pelayan kape dapat meningkatkan kinerja BKD Provinsi Kalimantan timur dalam pelayanan kenaikan pangkat. Adapun faktor penghambat dalam inovasi aplikasi pelayan kape yaitu OPD yang kurang menguasai prosedur kenaikan pangkat, kelengkapan dokumen yang tidak sesuai dengan usulan yang diajukan, PNS yang tidak mengupdate riwayat kepegawain di Sistem Informasi Manajemen Kepegawain, hasil scan dokumen yang tidak sepenuhnya dapat terbaca.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Administrasi Publik
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dini Zulfiani, S,Sos., M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 09/10/2024
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal Article

Loading