Produktivitas Kerja Pegawai Disdukcapil Kota Samarinda di Era Pandemi Covid-19 (Abdur Rahman)
October 8, 2024
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: Web, Admin
On: Oct 8, 2024 @ 12:20 PM
IP: 103.187.88.26
- 1. Title [Judul]: Produktivitas Kerja Pegawai Disdukcapil Kota Samarinda di Era Pandemi Covid-19
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Abdur Rahman
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Produktivitas Kerja, Pegawai Pemerintah, Pelayanan Publik
- 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan dan menganalisis produktivitas kerja pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Samarinda pada masa pandemi Covid-19, serta mengidentifikasi faktor penghambatnya. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan fokus penelitian meliputi kuantitas kerja, kualitas kerja, ketepatan waktu dan kerjasama serta faktor penghambat produktivitas kerja pegawai instansi plat merah tersebut di era pandemi Covid-19. Key informan penelitian ini adalah Kepala Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil Disdukcapil Kota Samarinda, informan lainnya meliputi kepala bidang pelayanan pendaftaran penduduk, pegawai teknis pada bidang pelayanan pencatatan dan pendaftaran serta masyarakat (yang mengakses layanan). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model interaktif yang dikembangkan oleh Miles, Huberman dan Saldana. Hasil penelitian diketahui produktivitas kerja pegawai Disdukcapil Kota Samarinda di era pandemi Covid-19 telah dilaksanakan dengan sunguh-sungguh, tapi masih mengalami beberapa hambatan. Dari segi kuantitas kerja pegawai, jumlah hasil layanan secara offlline mengalami penurunan karena terbatas ruang dan waktu, mengutamakan pelayanan online melalui media sosial, website dan nomor whatsapp resmi dinas. Kualitas kerja para aparatur, telah bekerja sesuai dengan SOP dan memahami setiap tugas dan tanggung jawabnya, mekanisme pelayanan elektronik yang mudah, cepat dan transparan. Mayoritas memiliki latar pendidikan sarjana strata 1, serta pihak dinas rutin melaksanakan peningkatan kemampuan melalui pendidikan dan pelatihan. Ketepatan waktu, pegawai telah berusaha menyelesaikan pekerjaan awal waktu, kemudian kerjasama pegawai cukup baik. Faktor penghambat produktivitas kerja pegawai di era pandemi Covid-19 yakni maintenance jaringan internet, kekhawatiran pegawai dan insentif pegawai dinilai masih rendah
- 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Administrasi Publik
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dini Zulfiani, M.Si dan Dr. Cathas Teguh Prakoso, M.Si
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 08/10/2024
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: https://ejournal.ap.fisip-unmul.ac.id/site/?p=4923
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal Article