Efektivitas Program Jemput Bola dalam Meningkatkan Kepemilikan E-KTP Pemula di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Samarinda (Ulfiya Shalika Sakinah)

September 26, 2024
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Web, Admin
On: Sep 26, 2024 @ 8:41 AM
IP: 103.187.88.26

  • 1. Title [Judul]: Efektivitas Program Jemput Bola dalam Meningkatkan Kepemilikan E-KTP Pemula di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Samarinda
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Ulfiya Shalika Sakinah
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Efektivitas Program, E-KTP, Pelayanan Publik, Jemput Bola
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis efektivitas program jemput bola dalam meningkatkan kepemilikan E-KTP pemula di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kota Samarinda dan mengidentifikasi faktor penghambat program jemput bola dalam meningkatkan kepemilikan E-KTP pemula. Program jemput bola merupakan program yang memberikan pelayanan untuk E-KTP pemula yakni remaja usia 16 tahun atau 17 tahun di tingkatan sekolah SMA atau SMK dengan tujuan dapat mempercepat dan mempermudah dalam mengelola identitas kependudukannya. Jenis penelitian menggunakan penelitian kualitatif pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas program jemput bola dalam meningkatkan kepemilikan E-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Samarinda ditinjau dari empat indikator efektivitas program Budiani yang terdiri atas ketepatan sasaran program, sosialisasi program, tujuan program, dan pemantauan program sudah berjalan relatif baik, namun masih terdapat beberapa hal yang menjadi kendala pada pelaksanaan program jemput bola perihal kurangnya sarana dan prasarana berupa alat rekam E-KTP dan ditemukan beberapa siswa yang data dirinya tidak sinkron dalam berkas persyaratan E-KTP yang mengakibatkan pengurusan E-KTP terhambat serta masih terdapat masyarakat terutama pelajar yang belum mengetahui program jemput bola.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Administrasi Publik
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Saipul, M.Si.
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 26/09/2024
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal Article

Loading