Efektivitas Penerapan E-Samsat dalam Meningkatkan Pelayanan Publik di Kota Balikpapan (Nila Anggi Rahayu)
September 26, 2024
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: Web, Admin
On: Sep 26, 2024 @ 8:33 AM
IP: 103.187.88.26
- 1. Title [Judul]: Efektivitas Penerapan E-Samsat dalam Meningkatkan Pelayanan Publik di Kota Balikpapan
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Nila Anggi Rahayu
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Efektivitas Program, E-Samsat, Pelayanan Publik
- 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan program E-Samsat dalam meningkatkan pelayanan publik di Kota Balikpapan serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan penerimaan pajak kendaraan bermotor di Kota Balikpapan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan sumber data yang di dapat dari hasil wawancara, dokumentasi dan observasi, penetapan informan dengan teknik purposive sampling dan data dianalisis menggunakan model interaktif yang diungkapkan oleh Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa Efektivitas penerapan E-Samsat dalam meningkatkan pelayanan publik di Kota Balikpapan ini adalah ketetapan tujuan program sudah efektif, terbukti dari hasil survei kepuasan masyarakat yang baik, sosialisasi program belum efektif, masih ada masyarakat yang belum mengetahui program E-Samsat, tujuan program sudah efektif, terlihat dari peningkatan penerimaan pajak kendaraan bermotor, pemantauan program belum efektif, masih ada kendala yang terjadi. Faktor pendukung peningkatan penerimaan pajak kendaraan bermotor di Kota Balikpapan adalah kesadaran masyarakat, daya beli masyarakat, dan isu pemindahan Ibu Kota Negara ke Kalimantan. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya kesadaran masyarakat, anggapan masyarakat bahwa membayar pajak merepotkan, anggapan masyarakat bahwa pemerintah korupsi, kendaraan yang sudah dijual namun belum balik nama, gangguan teknis, dan kurangnya sumber daya manusia. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat diberikan adalah perlunya peningkatan sosialisasi yang lebih menjangkau masyarakat, pemberian edukasi dan transparansi kepada masyarakat terkait perhitungan pajak, serta penyediaan sumber daya manusia yang cukup untuk memberikan pelayanan yang cepat dan tanggap kepada masyarakat.
- 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Administrasi Publik
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Saipul, M.Si.
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 26/09/2024
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: https://ejournal.ap.fisip-unmul.ac.id/site/?p=4911
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal Article