STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA TIOMBO CAMPING GROUND DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN DI DESA BENTENG KA’DO TO’REA KECAMATAN TIKALA KABUPATEN TORAJA UTARA (Erwin Sandi Randa Layuk)

September 17, 2024
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Sandi, Erwin
On: Sep 17, 2024 @ 4:41 PM
IP: 36.85.32.206

  • 1. Title [Judul]: STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA TIOMBO CAMPING GROUND DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN DI DESA BENTENG KA’DO TO’REA KECAMATAN TIKALA KABUPATEN TORAJA UTARA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Erwin Sandi Randa Layuk
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Camping Ground, Strategi, Pengembangan Wisata
  • 4. Description [Abstrak] : Camping Ground adalah istilah yang sering digunakan di dunia pecinta alam untuk menyebut bumi perkemahan. Bumi perkemahan sendiri adalah ruang luas di luar ruangan yang menjadi lokasi untuk melakukan kegiatan camping dan mendirikan tenda. Untuk menarik kunjungan wisatawan di perlukan strategi yang dilakukan oleh pengelola Tiombo Camping Ground. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa strategi yang digunakan oleh pengelola Tiombo Camping Ground telah berjalan dengan baik. Dengan mengandalkan sosial media sebagai media promosi, dengan cara membuat pamflet ataupun iklan di Instagram. Selain itu pihak pengelola juga melakukan strategi DMO yang dimana DMO ini menggunakan 4 indikator yakni Atraksi, Aksesbilitas, Amenitas dan Sumber Daya Manusia. Dalam strategi ini pengelola telah menyediakan layanan agar pengunjung merasa nyaman dalam berwisata di Tiombo Camping Ground. Dalam penerapan strategi ini pengelola di dukung oleh beberapa pemilik akun Instagram yang memiliki banyak pengikut. Namun dengan strategi yang baik belum bisa memberikan dampak bagi Masyarakat di Desa Benteng Ka’do To’rea maupun bagi Pendapatan Asli Desa (PAD), yang dimana seharusnya dengan adanya objek wisata bisa menggalakkan perekonomian di sekitar objek wisata dan bisa meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PAD).
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Sosiatri
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. H. Badruddin Nasir., M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2024
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal article

Loading