Peran Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Dalam Pemberdayaan Masyarakat Melalui Budidaya Madu Kelulut Di Kelurahan Rawa Makmur Kecamatan Palaran Kota Samarinda (Selvi Eka Darmayanti)

August 1, 2024
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Aug 1, 2024 @ 5:34 PM
IP: 103.176.177.250

  • 1. Title [Judul]: Peran Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Dalam Pemberdayaan Masyarakat Melalui Budidaya Madu Kelulut Di Kelurahan Rawa Makmur Kecamatan Palaran Kota Samarinda
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Selvi Eka Darmayanti
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Peran, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat, Budidaya Madu Kelulut
  • 4. Description [Abstrak] : Peran Lembaga Pemberdayaan Masyarakat dalam memberdayakan masyarakat melalui Budidaya Madu Kelulut di Kelurahan Rawa Makmur Kecamatan Palaran Kota Samarinda. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya angka kemiskinan dan pengangguran yang ada di wilayah Kelurahan Rawa Makmur sehingga mengharuskan pemerintah untuk melaksanakan program Budidaya Madu Kelulut sebagai upaya peningkatan pendapatan masyarakat dan kesejahteraan masyarakat. Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan peran Lembaga Pemberdayaan Masyarakat dalam memberdayakan masyarakat melalui Budidaya Madu Kelulut di Kelurahan Rawa Makmur Kecamatan Palaran Kota Samarinda dengan menggunakan teori peran oleh Sunyoto Usman, yaitu peran fasilitator, peran mediator, peran motivator, dan peran dinamisator. Penelitian menggunakan penelitian Deskriptif dengan Pendekatan Kualitatif. Dengan Fokus Penelitian, yaitu Peran Lembaga Pemberdayaan sebagai Fasilitator, Peran Lembaga Pemberdayaan sebagai Mediator, Peran Lembaga Pemberdayaan Masyarakat sebagai Motivator dan Peran Lembaga Pemberdayaan Masyarakat sebagai Dinamisator. Penelitian ini menggunakan tehknik purposive sampling dan accidental sampling untuk mengidentifikasi informan penelitian ini. Sumber data meliputi data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan yang kemudian dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
    Hasil penelitian menunjukan Peran Lembaga Pemberdayaan Masyarakat sebagai Fasilitator yang bekerja sama dengan Yayasan Bioma untuk memberikan pelatihan kepada petani madu kelulut; Mediator Lembaga Pemberdayan Masyarakat menjembatani komunikasi antara masyarakat dengan lembaga dan pemerintah yang bekerja sama dalam kegiatan budidaya sekaligus membantu menyelesaikan konflik; Motivator Lembaga Pemberdayaan Masyarakat memberi semangat kepada masyarakat untuk terus berpartisipasi dalam kegiatan budidaya; Dinamisator lembaga pemberdayaan masyarakat melakukan pemantauan terhadap kegiatan budidaya dan memberikan ide dan inovasi baru untuk terus bisa berkembang.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Sosiatri
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : A. Ismail Lukman, S. Pd, M.A.
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2024
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Ejournal article

Loading