Strategi Komunikasi Pemasaran UKM Nasi Kampus Samarinda Disaat COVID-19 (Karmila)

July 29, 2024
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Karmila, Karmila
On: Jul 29, 2024 @ 10:43 PM
IP: 125.160.71.34

  • 1. Title [Judul]: Strategi Komunikasi Pemasaran UKM Nasi Kampus Samarinda Disaat COVID-19
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Karmila
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: UKM, Pemasaran, Bauran Promosi, Komunikasi
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan UKM Nasi Kampus disaat Covid-19. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Fokus penelitian antara lain adalah periklanan, pemasaran langsung, promosi penjualan, penjualan personal, hubungan masyarakat, dan pemasaran interaktif. Informan pada penelitian ini berjumlah 2 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data,reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) iklan yang digunakan oleh Nasi Kampus untuk menarik perhatian, minat, keinginan, dan tindakan dilakukan secara online dan offline; 2) pemasaran langsung yang digunakan oleh Nasi Kampus untuk menarik perhatian, minat, keinginan, dan tindakan dilakukan dengan menggunakan pesan berantai melalui WhatsApp; 3) promosi penjualan yang digunakan oleh Nasi Kampus untuk menarik perhatian, minat, keinginan, dan tindakan dilakukan dengan proses digital marketing dan direct marketing; 4) penjualan personal yang digunakan oleh Nasi Kampus untuk menarik perhatian, minat, keinginan, dan tindakan dilakukan dengan cara mempromosikan produk secara face to face pada pelanggan; 5) hubungan masyarakat yang digunakan oleh Nasi Kampus dalam proses komunikasi pemasaran adalah dengan menjalin kerjasama dengan UMKM pertanian; 6) pemasaran interaktif yang digunakan oleh Nasi Kampus untuk menarik perhatian, minat, keinginan, dan tindakan dilakukan dengan cara mengusung konsep utama mendengarkan setiap kebutuhan konsumen secara langsung.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Adietya Arie Hetami, S.Sos., M.AB Ainun Niā€™matu Rohmah, S.Ikom., M.A
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2024
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal article

Loading