Prinsip-Prinsip Pengelolaan Pembangunan Desa Berbasis Ekonomi Kerakyatan Di Desa Wanasari Kecamatan Muara Wahau Kabupaten Kutai Timur (Rezal Febryanto)

July 12, 2024
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Jul 12, 2024 @ 12:14 PM
IP: 140.213.191.127

  • 1. Title [Judul]: Prinsip-Prinsip Pengelolaan Pembangunan Desa Berbasis Ekonomi Kerakyatan Di Desa Wanasari Kecamatan Muara Wahau Kabupaten Kutai Timur
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Rezal Febryanto
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: pembangunan Desa, ekonomi kerakyatan
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prinsip – prinsip pengelolaan pembangunan desa berbasis ekonomi kerakyatan di Desa Wanasari Kecamatan Muara Wahau Kabupaten Kutai Timur. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam kepada informan yang dianggap kompeten dalam memberikan informasi melalui pengamatan yang dituliskan peneliti dalam catatan lapangan,dokumen dan sebagainya sampai dengan penarikan kesimpulan Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Partisipasi,masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan desa dalam melaksanakan partisipan masyarakat membangun desa yang baik dengan memanfaatkan masyarakat sebagai tokoh utama dalam pembangunan desa dalam pengelolaan desa. (2) Tranparansi, keterbukaan desa terhadap masyarakat dalam pengelolaan aset desa dalam bentuk BUMdes dalam pengelolaan keuangan desa dalam pendapatan asli desa (PAD) sesuai dengan telah yang di hasilkan oleh Desa. (3) Akuntabilitas, penerapan akuntabilitas dalam pengelolaan dana BUMDes sudah diterapkan dengan membuat pertanggungjawaban dan mengungkap informasi terkait pengelolaan BUMDes desa wanasari seperti posisi keuangan dan laba/rugi sudah sesuai dengan peraturan pemerintah sebagaimana seharusnya laporan keuangan BUMDes disusun. (4)Berkelanjutan/Sustainable, mengurangi Tingkat pengangguran dari tiap tahun pertahun dengan memperdayakan masyarakat dalam menciptakan desa Sejahtera.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program S1 Pemerintahan Integratif (PIN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : jumansyah, S.IP., M.I.Pol
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2024
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel eJournal

Loading

Print Friendly, PDF & Email