Perubahan Perilaku Mahasiswa Setelah Menonton Tayangan Anime (Muhammad Rifky Abdillah)
July 9, 2024
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: Abdillah, Rifky
On: Jul 9, 2024 @ 1:59 PM
IP: 36.85.38.172
- 1. Title [Judul]: Perubahan Perilaku Mahasiswa Setelah Menonton Tayangan Anime
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Muhammad Rifky Abdillah
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Perubahan Perilaku, Anime, Mahasiswa, Media
- 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketertarikan mahasiswa terhadap tayangan anime dan untuk mengetahui apa saja dampak dari menonton anime yang dapat mempengaruhi perilaku mahasiswa Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif.
Kesimpulan dalam penelitian adalah adanya ketertarikan mahasiswa terhadap anime, seseorang dapat menyukai anime karena karakter-karakternya yang seringkali memiliki keunikan dan kompleksitas yang sulit ditemui dalam media lain. Anime sebagai media mampu mengeksplorasi aspek-aspek kemanusiaan dan konflik internal dengan mendalam, menciptakan koneksi yang mendalam antara penonton dan karakter-karakter tersebut. Kemudian dengan adanya ketertarikan mahasiswa terhadap anime sehingga anime memiliki berbagai pengaruh yang kompleks terhadap penontonnya. Pertama, anime sering menampilkan gaya hidup yang glamor atau ekstrem, mempengaruhi penonton untuk menirunya, seperti gaya berpakaian atau kebiasaan tertentu yang ditampilkan dalam cerita. Kedua, anime sering menyampaikan pesan moral dan nilai-nilai tertentu, yang bisa memengaruhi penonton dalam mengadopsi nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari, meskipun penafsiran nilai-nilai ini dapat bervariasi tergantung pada jenis anime yang ditonton. Ketiga, terlalu sering menonton anime bisa mengarah pada isolasi sosial, di mana beberapa penonton lebih memilih untuk menghabiskan waktu sendiri menonton anime daripada berinteraksi dengan orang lain. Namun, anime juga bisa menjadi basis untuk interaksi sosial, terutama di komunitas penggemar anime. Keempat, anime sering diikuti dengan merchandise seperti mainan atau pakaian yang terkait, mempengaruhi penonton untuk membelinya secara impulsif, bahkan melebihi kemampuan finansial mereka dalam beberapa kasus
- 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Sosiatri
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Muhammad Arifin, M.Hum
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2024
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: https://ejournal.ps.fisip-unmul.ac.id/site/?p=1787
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal article