IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMANFAATAN PEKARANGAN RUMAH DI KAMPUNG OMBAU ASA KECAMATAN BARONG TONGKOK KABUPATEN KUTAI BARAT

June 28, 2024
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Totti, Gregorius
On: Jun 28, 2024 @ 9:06 AM
IP: 182.3.138.34

  • 1. Title [Judul]: Implementasi Pemanfaatan Pekarangan Rumah di Kampung Ombau Asa Kecamatan Barong Tongkong Kabupaten Kutai Barat
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Gregorius Totti
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: implementasi, kebijakan, pemanfaatan pekarangan rumah
  • 4. Description [Abstrak] : Adapun yang menjadi tujuan penelitian untuk mendeskripsikan proses Implementasi kebijakan pekarangan rumah Di Kampung Ombau Asa Kecamatan Barong Tongkok dan mengetahui faktor penghambat pemanfaatan pekarangan rumah .
    Penelitian Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yang mengarahkan penelitian kepada penggunaan teknik analisis data model interaktif dari Miles dan Huberman serta penentuan informan dengan menggunakan purposivesampling.
    Hasil Penelitian Implementasi kebijakan pemanfaatan pekarangan rumah menunjukkan bahwa (1) Implementasi kebijakan pekarangan rumah pada Tahap sosialisasi dan edukasi menunjukkan sudah sesuai dengan panduan yaitu masyarakat diberikan pemahaman melalui pelaksanaan edukasi melalui aspek kognitif, memfasilitasi terlaksananya program dan menumbuhkan nilai nilai kewirausahaan (2) Faktor penghambat pemanfaatan pekarangan rumah pada Tahap Kebijakan yang di idealkan yaitu melalui bimbingan dan pelatihan belum seutuhnya tercapai karena kurangnya kesadaran. Kelompok sasaran dalam hal ini adanya keterbatasan ekonomi dengan tingkat kesibukan yang banyak. Implementing organization dengan adanya struktur organisasi pada kampung Ombau Asa sudah tertera dengan baik namun kurangnya minat dari masyaraakt dan kesadaran akan pentingnya pengolahan tanaman di sekitar rumah. Environmental factors dengan tidak mengindahkan kebijakan dari pemerintah akan memberi dampak terhadap perkembangan kehidupan masayarakat.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program S1 Pemerintahan Integratif (PIN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Zulkifli Abdullah, S.Sos., M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2024
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel eJournal

Loading