Kualitas Pelayanan Kesehatan Masa Pandemi Covid-19 di Puskesmas Teluk Lingga Sangatta Utara Kabupaten Kutai Timur (Iven Rezky Arung)
May 17, 2024
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: Web, Admin
On: May 17, 2024 @ 5:25 PM
IP: 103.187.88.26
- 1. Title [Judul]: Kualitas Pelayanan Kesehatan Masa Pandemi Covid-19 di Puskesmas Teluk Lingga Sangatta Utara Kabupaten Kutai Timur
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Iven Rezky Arung
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Kualitas pelayanan, pelayanan kesehatan, pelayanan puskesmas
- 4. Description [Abstrak] : Tujuan penelitian untuk mengetahui kualitas pelayanan publik yang diberikan selama masa pandemi Covid-19 dan kendala apa saja yang dihadapi oleh para pelayan kesehatan selama masa pandemi Covid-19 di puskesmas Teluk Lingga Sangatta Utara. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini yaitu kompetensi teknis, kenyamanan, ketepatan waktu dan kendala yang dihadapi oleh Puskesmas Teluk Lingga Sangatta Utara dalam pelayanan selama covid-19. Teknik pengumpulan data, In-depth, wawancara, dokumentasi. Sumber sata primer antara lain kepala puskesmas, dokter, bidan, perawat serta warga Sangatta Utara. Teknis analisis data model interaktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam kompetensi teknis petugas medis berusaha semaksimal mungkin dan dirasa cukup dalam merespon setiap keluhan yang ada, pelayanan kesehatan yang diberikan juga disesuaikan dengan kebutuhan dari penerima layanan, dari segi kenyamanan barang yang dirasa dapat menyebarkan covid-19 disingkirkan sehingga disingkirkannya fasilitas yang menjadi penunjang kenyamanan membuat pasien mengeluh. Ketepatan waktu dirasa kurang dari pendaftaran hingga tindakan memakan waktu yang lama karena harus melalui beberapa prosedur yang ada. Kendala yang dihadapi yaitu: 1). Beban kerja yang berat membuat petugas kelelahan. 2) Ketidakjujuran pasien, pasien menolak bekerja sama denga petugas. 3) Jam kerja pelayanan tutup lebih cepat dari waktu jam kerja yang sudah ditentukan.
- 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Administrasi Publik
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Enos Paselle, M.AP.
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 17/05/2024
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: https://ejournal.ap.fisip-unmul.ac.id/site/?p=4868
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal Article