Implementasi Program Corporate Social Responsibility PT. Mahakam Sumber Jaya Di Desa Makarti Kecamatan Marang Kayu Kabupaten Kutai Kartanegara (Febri D. Moduto)

May 6, 2024
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Web, Admin
On: May 6, 2024 @ 1:54 PM
IP: 103.187.88.26

  • 1. Title [Judul]: Implementasi Program Corporate Social Responsibility PT. Mahakam Sumber Jaya Di Desa Makarti Kecamatan Marang Kayu Kabupaten Kutai Kartanegara
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Febri D. Moduto
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Corporate Social Responsibility, Community Development, Kesejahteraan Masyarakat
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Program Corporate Social Responsibility PT. Mahakam Sumber Jaya di Desa Makarti Kecamatan Marang Kayu Kabupaten Kutai Kartanegara serta untuk mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambatnya. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan fokus penelitian berdasarkan teori dari Van Meter dan Van Horn terdiri dari sumber daya, komunikasi antar organisasi dan aktivitas pelaksana, lingkungan ekonomi, sosial dan politik serta faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi Program CSR. Sumber data primer yang digunakan terdiri dari key informan yaitu Community Development and External Relation Superintendent Departement Head PT. MSJ, Community Development Section Head PT. MSJ dan Kepala Desa Makarti serta informan dari masyarakat Desa Makarti penerima program CSR. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi dengan analisis data interactive model. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Program CSR PT. Mahakam Sumber Jaya di Desa Makarti sudah terlaksana namun belum optimal. Hal tersebut berdasarkan tiga indikator yaitu dari sumber daya, komunikasi antar organisasi dan aktivitas pelaksana, lingkungan ekonomi, sosial dan politik. Akan tetapi ada faktor pendukung dari program CSR ini berupa dukungan Pemerintah Kab. Kutai Kartanegara dan Pemerintah Desa Makarti, menjaga komunikasi yang baik, Pemdes Makarti mampu memfasilitasi kebutuhan masyarakatnya, dukungan masyarakat pada program CSR yang urgent dan dibutuhkan banyak orang. Untuk faktor penghambat program CSR diantaranya tidak adanya transparansi dana CSR, sistem bottom up belum maksimal, kondisi internal perusahaan berdampak pada pelaksanaan program, keterbatasan anggaran, pengadaan barang diluar desa, program kemandirian ekonomi tidak berjalan berkelanjutan, efek tambang illegal dan masyarakat tidak mau mengikuti alur pengajuan program CSR.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Administrasi Publik
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Fajar Apriani, M.Si.
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 06/05/2024
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal Article

Loading

Print Friendly, PDF & Email