Pola Pembinaan Anak Berhadapan Hukum (ABH) di Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Panti Sosial Bina Remaja Samarinda (Rahma Nur Hidayah)

April 16, 2024
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Hidayah, Rahma
On: Apr 16, 2024 @ 1:17 PM
IP: 110.139.145.96

  • 1. Title [Judul]: Pola Pembinaan Anak Berhadapan Hukum (ABH) di Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Panti Sosial Bina Remaja Samarinda
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Rahma Nur Hidayah
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Pola Pembinaan, Anak Berhadapan Hukum, Panti Sosial
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini membahas topik tentang pola pembinaan terhadap Anak Berhadapan Hukum (ABH) di Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Panti Sosial Bina Remaja Samarinda. Tujuan penelitian ini yaitu mengidentifikasi pola pembinaan, bentuk-bentuk pembinaan dan mendeskripsikan faktor-faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi oleh UPTD Panti Sosial Bina Remaja dalam memberikan pembinaan ABH. Metode penelitian menggunakan jenis pendekatan deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan teknik penelitian lapangan observasi, wawancara dan dokumentasi, serta penelitian kepustakaan yang bertujuan menggambarkan kondisi secara utuh sehingga menghasilkan analisis kualitatif yang akurat.
    Hasil dari penelitian yang sudah dilakukan oleh penulis menunjukkan bahwa UPTD Panti Sosial Bina Remaja Samarinda telah melaksanakan rehabilitasi sosial terhadap ABH walaupun tidak secara optimal. UPTD Panti Sosial Bina Remaja tetap berupaya memberikan pembinaan yang terbaik melalui tiga pola pembinaan yaitu pembinaan psikososial, pembinaan etika dan moral, dan pembinaan keterampilan. Disamping itu, terdapat empat bentuk kegiatan yang cukup berhasil membantu ABH berperilaku lebih positif di panti yaitu, bimbingan fisik dan kesehatan, bimbingan mental, bimbingan sosial dan bimbingan keterampilan. Selain itu, terdapat beberapa faktor pendukung yaitu adanya kerja sama dengan pihak eksternal, keterlibatan keluarga/wali ABH, serta adanya rasa antusias ABH selama mengikuti kegiatan pembinaan di panti. Adapun beberapa faktor penghambatnya yaitu adanya keterbatasan SDM, keterbatasan fasilitas dan lingkungan yang kurang mendukung untuk mengawasi ABH.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Sosiatri
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. H. Badruddin Nasir, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2024
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal article

Loading

Print Friendly, PDF & Email