Efektivitas Pelayanan Berbasis Digital di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kutai Barat (Ronny Steelsen)

April 5, 2024
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Web, Admin
On: Apr 5, 2024 @ 2:52 PM
IP: 103.187.88.26

  • 1. Title [Judul]: Efektivitas Pelayanan Berbasis Digital di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kutai Barat
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Ronny Steelsen
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Pelayanan Kependudukan berbasis Online, Digital Government , Inovasi Pelayanan,
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelayanan berbasis digital di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kutai Barat dengan melihat indikator efektivitas pelayanan yaitu kemudahan dalam pengurusan, pelayanan secara wajar, memberikan pelayanan yang sama tanpa ada perbedaan, serta petugas yang jujur dalam memberikan layanan berbasis digital pada masyarakat Kutai Barat. Teknik pengumpulan data ini dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber informasi dalam penelitian ini yaitu Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, staff pegawai kantor pelayanan serta masyarakat selaku pelaksana dan penerima manfaat. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data model Interaktif yang dikembangkan oleh Miles, Huberman dan Saldana. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelayanan berbasis digital di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kutai Barat sudah efektif namun belum berjalan dengan baik yang didasarkan pada kategorisasi seperti adanya tercapai tujuan dalam pelayanan berbasis digital yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kutai Barat dalam artian sebagian masyarakat sudah memahami pelayanan berbasis digital ini dan mengikuti prosedur yang diberikan serta dengan kemudahan dalam pengurusan, pelayanan secara wajar, dilakukan secara adil tanpa ada perbedaan, adanya kepedulian dan sikap jujur pegawai dalam memberikan pelayanan. Adapun faktor yang menghambat dalam pelayanan yaitu sarana yang terkadang mengalami gangguan jaringan sehingga tidak bisa tepat waktu dalam penyelesaian pelayanan.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Administrasi Publik
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Enos Paselle, M.AP.
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 05/04/2024
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal Article

Loading

Print Friendly, PDF & Email