Reproduksi Budaya Kain Kriookng Di Kampung Linggang Melapeh Kecamatan Linggang Bigung Kabupaten Kutai Barat (Sandra Kartika)

March 28, 2024
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Kartika, Sandra
On: Mar 28, 2024 @ 11:58 AM
IP: 182.3.141.142

  • 1. Title [Judul]: Reproduksi Budaya Kain Kriookng Di Kampung Linggang Melapeh Kecamatan Linggang Bigung Kabupaten Kutai Barat
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Sandra Kartika
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: reproduksi budaya kain kriookng, peran pemerintah
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan Dalam Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan, dan mengetahui berlangsungnya proses Reproduksi Kain Kriookng sebagai bagian dari proses reproduksi kebudayaan Dayak Benuaq di Kampung Linggang Melapeh.
    Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini di peroleh dengan menggunakan teknik pengumpulan data. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang bertujuan mendeskripsikan secara mendalam mengenai Reproduksi Budaya Kain Kriookng Di Kampung Linggang Melapeh Kecamatan Linggang Bigung Kabupaten Kutai Barat. Analisis data kualitatif terdapat 4 (empat) komponen yaitu Pengumpulan Data (Data Collecting, Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Display Data) dan Penarikan Kesimpulan ( Conclution Drawing).
    Dari hasil penelitian yang di lakukan ditemukan bahwa dalam proses Reproduksi budaya Kain kriookng Banyak hal yang dilakukan Pengerajin dalam meningkatkan kualitas kerajinan Kain Kriookng ini mulai dari koreksi bahan kerajinan, teknik pembuatan serta pengembangan motif yang dimodifikasi untuk menambah daya tarik. Dalam proses reproduksi tersebut, keterpibatan Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Barat sangatlah besar, baik bantuan teknis maupun sumber dana. Bantuan ini dilaksanakan secara bertahap, disesuaikan dengan kemampuan pendanaan yang ada di Kabupaten Kutai Barat. Peranan pemerintah daerah yaitu Dewan Kerajinan Nasional (DESKRANASDA), dan Dinas Pariwisata menggandeng para perajin dalam program-program seperti perlindungan tentang hak paten, pameran produk baik lokal maupun nasional, seminar atau diskusi yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kecintaan akan budaya Kain Kriookng
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program S1 Pemerintahan Integratif (PIN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Muhammad Arifin, M.Hum
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2024
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel eJournal

Loading

Print Friendly, PDF & Email