Profesionalisme Kerja Pegawai Dalam Pelayanan Pengurusan KTP Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Kantor Kecamatan Kota Bangun Kabupaten Kutai Kartanegara (Marlianti Bulkis)
March 20, 2024
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: Web, Admin
On: Mar 20, 2024 @ 1:20 PM
IP: 103.187.88.26
- 1. Title [Judul]: Profesionalisme Kerja Pegawai Dalam Pelayanan Pengurusan KTP Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Kantor Kecamatan Kota Bangun Kabupaten Kutai Kartanegara
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Marlianti Bulkis
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Profesionalisme Kerja, Pelayanan Publik, Pelayanan KTP
- 4. Description [Abstrak] : Coronavirus disease (Covid-19) telah menimbulkan permasalahan yang serius terlebih setelah dikeluarkannya Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020 mengenai Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam rangka untuk mempercepat penanganan Covid-19. Dengan hadirnya kebijakan PSBB ini menimbulkan kegiatan pelayanan dalam bentuk Work From Home (WFH), namun disisi lain bentuk kebijakan ini telah memberikan dampak kepada profesionalisme kerja pegawai kantor pelayanan public yang tidak bias menjalankan seluruhnya kebijakan PSBB tersebut, seperti pelayanan pengurusan KTP pada Kantor Kecamatan Kota Bangun. Penelitian ini menggunakan penelitian dekriptif dengan metode kualitatif. Sumber dan jenis data yang digunakan adalah wawancara dengan teknik Purposive Sampling dan Accidental Sampling. Kemudian data tersebut diolah dengan melakukan pengumpulan data melalui kegiatan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, profesionalisme kerja dari pegawai pada kantor Kecamatan Kota Bangun dapat ditemukan dengan beberapa indikator untuk menganalisisnya, yakni kompetensi, efektivitas, efisiensi dan tanggung jawab. Namun, terdapat kekurangan untuk menjalankan beberapa indikator tersebut, hal ini yang kemudian perlu diperbaiki untuk memberikan akses pelayanan publik yang baik, terlebih dengan adanya kondisi Covid-19. Kemudian terdapat faktor yang menghambat yang menyebabkan tidak maksimalnya dalam menjalankan pelayanan pengurusan KTP, diantaranya : kurangnya komunikasi, terhambatnya jaringan, fasilitas yang kuang baik, serta kurangnya SDM yang memadai.
- 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Administrasi Publik
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dini Zulfiani, M.Si dan Thalita Rifda Khaerani, M.Si
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 20/03/2024
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: https://ejournal.ap.fisip-unmul.ac.id/site/?p=4852
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal Article