ANALISIS SEMIOTIKA PESAN MORAL DALAM VIDEO IKLAN TRUEMOVE H: GIVING DI YOUTUBE (Rizky Juna Hidayat)

March 19, 2024
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Juna Hidayat, Rizky
On: Mar 19, 2024 @ 9:28 AM
IP: 182.2.101.189

  • 1. Title [Judul]: ANALISIS SEMIOTIKA PESAN MORAL DALAM VIDEO IKLAN TRUEMOVE H: GIVING DI YOUTUBE
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Rizky Juna Hidayat
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Semiotika, Representasi, Pesan Moral, Video Iklan, Youtube.
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pesan moral yang terkandung
    dalam video TrueMove H: Giving di platform YouTube. Fokus penelitian
    difokuskan pada pengungkapan tanda-tanda yang muncul dalam setiap adegan,
    kata-kata, dan suara, termasuk dialog para pemain dan efek suara lainnya.
    Metode yang digunakan adalah Semiotika Charles Sanders Pierce dengan
    menggunakan trikotomi ikon, indeks, dan simbol, diikuti dengan penerapan model
    triadic Pierce, yaitu Tanda, Objek, dan Interpretan. Data dikumpulkan melalui
    studi literatur, observasi, dan sumber informasi dari video TrueMove H: Giving di
    YouTube serta sumber internet lainnya.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa pesan moral yang tergambar dari
    setiap adegan video tersebut mencerminkan nilai-nilai yang dihargai dalam
    masyarakat Thailand. Secara khusus, video ini menggambarkan pentingnya
    tanggung jawab dalam situasi konflik moral, menyoroti empati dan kepedulian
    sosial melalui tindakan seorang penjual sup yang membantu seorang anak kecil
    yang mencuri obat untuk ibunya. Solidaritas juga ditonjolkan melalui kerja sama
    antar individu untuk membantu mereka yang kurang beruntung. Video ini
    menekankan pentingnya memberikan dukungan dan inspirasi untuk membangun
    hubungan yang kuat dan menciptakan masyarakat yang harmonis, sesuai dengan
    nilai-nilai “bunkhun” dalam budaya masyarakat Thailand. Tindakan sukarela
    Dokter Prajak juga menunjukkan kepedulian sosial yang mencerminkan prinsip-
    prinsip agama Buddha, seperti pemberian, kebaikan hati, dan belas kasihan, yang
    menunjukkan dedikasi untuk memberikan manfaat tanpa memperhatikan
    kepentingan pribadi.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Silviana Purwanti, S.Sos., M.Si.
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2024
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal Article

Loading