ANALISIS SEMIOTIKA PESAN MORAL DALAM VIDEO IKLAN TRUEMOVE H: GIVING DI YOUTUBE (Rizky Juna Hidayat)
March 19, 2024
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: Juna Hidayat, Rizky
On: Mar 19, 2024 @ 9:28 AM
IP: 182.2.101.189
- 1. Title [Judul]: ANALISIS SEMIOTIKA PESAN MORAL DALAM VIDEO IKLAN TRUEMOVE H: GIVING DI YOUTUBE
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Rizky Juna Hidayat
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Semiotika, Representasi, Pesan Moral, Video Iklan, Youtube.
- 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pesan moral yang terkandung
dalam video TrueMove H: Giving di platform YouTube. Fokus penelitian
difokuskan pada pengungkapan tanda-tanda yang muncul dalam setiap adegan,
kata-kata, dan suara, termasuk dialog para pemain dan efek suara lainnya.
Metode yang digunakan adalah Semiotika Charles Sanders Pierce dengan
menggunakan trikotomi ikon, indeks, dan simbol, diikuti dengan penerapan model
triadic Pierce, yaitu Tanda, Objek, dan Interpretan. Data dikumpulkan melalui
studi literatur, observasi, dan sumber informasi dari video TrueMove H: Giving di
YouTube serta sumber internet lainnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pesan moral yang tergambar dari
setiap adegan video tersebut mencerminkan nilai-nilai yang dihargai dalam
masyarakat Thailand. Secara khusus, video ini menggambarkan pentingnya
tanggung jawab dalam situasi konflik moral, menyoroti empati dan kepedulian
sosial melalui tindakan seorang penjual sup yang membantu seorang anak kecil
yang mencuri obat untuk ibunya. Solidaritas juga ditonjolkan melalui kerja sama
antar individu untuk membantu mereka yang kurang beruntung. Video ini
menekankan pentingnya memberikan dukungan dan inspirasi untuk membangun
hubungan yang kuat dan menciptakan masyarakat yang harmonis, sesuai dengan
nilai-nilai “bunkhun” dalam budaya masyarakat Thailand. Tindakan sukarela
Dokter Prajak juga menunjukkan kepedulian sosial yang mencerminkan prinsip-
prinsip agama Buddha, seperti pemberian, kebaikan hati, dan belas kasihan, yang
menunjukkan dedikasi untuk memberikan manfaat tanpa memperhatikan
kepentingan pribadi. - 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Silviana Purwanti, S.Sos., M.Si.
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2024
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: https://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/?p=4977
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal Article