Komunikasi Pembangunan Pemerintah Kota Samarinda Dalam Mengelola Ruang Terbuka Hijau Taman Tepian Mahakam (Putri Anju Aini )

March 10, 2024
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Anju Aini, Putri
On: Mar 10, 2024 @ 7:54 PM
IP: 114.10.139.200

  • 1. Title [Judul]: Komunikasi Pembangunan Pemerintah Kota Samarinda Dalam Mengelola Ruang Terbuka Hijau Taman Tepian Mahakam
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Putri Anju Aini
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Komunikasi Pembangunan, Pemerintah Kota, Mengelola Ruang Terbuka Hijau.
  • 4. Description [Abstrak] : Artikel ini mendeskripsikan dan menganalisis penerapan Komunikasi Pembangunan Pemerintah Kota Samarinda Dalam Mengelola Ruang Terbuka Hijau Taman Tepian Mahakam oleh Dinas Lingkungan Hidup. Adapun jenis penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan metode studi kasus serta teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menentukan subjek penelitian, peneliti menggunakan Teknik Purposive Sampling. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman.
    Hasil penelitian menunjukkan rendahnya penerapan komunikasi pembangunan yang menyebabkan kurang maksimalnya pengelolaan RTH terhadap pemahaman masyarakat mengenai RTH. Ditemukan kendala seperti kurangnya koordinasi, keterlibatan masyarakat yang terbatas, dan tidak memiliki program edukasi. Penelitian merekomendasikan peningkatan koordinasi, peningkatan partisipasi masyarakat melalui program partisipatif dan edukasi, serta perencanaan komunikasi yang lebih matang. Saran untuk penelitian selanjutnya mencakup pemperdalam analisis faktor penghambat komunikasi, studi perbandingan dengan kota lain, dan evaluasi mendalam terhadap strategi komunikasi pembangunan yang diterapkan. Penelitian ini memberikan wawasan penting bagi pemerintah dalam meningkatkan efektivitas komunikasi pembangunan terkait RTH.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Kadek Dristiana Dwivayani S.Sos.,M.Med.Kom
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2024
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal article

Loading

Print Friendly, PDF & Email