Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Samarinda (Desi Puspitasari)

March 6, 2024
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Web, Admin
On: Mar 6, 2024 @ 10:55 AM
IP: 103.187.88.26

  • 1. Title [Judul]: Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Samarinda
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Desi Puspitasari
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Administrasi Kependudukan, Kekhasan Inovasi, Si Pahit
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan daripada penelitian ini yakni agar mengetahui bagaimana penerapan inovasi pelayanaan admnistrasi kependudukn yang ada pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Samarinda sehingga penelitian tersebut dapat memberikan kepuasaan pelayanan secara efektif dan efisien. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi secara langsung, wawancara terhadap informan, dan dokumentasi. Fokus kajian dalam penelitian ini yaitu mengacu pada indikator-indikator inovasi pelayanan publik yaitu memiliki ciri khusus atau kekhasan pada inovasi, mempunyai unsur kebarua, merupakan suatu program yang terencana, dan inovasi merupakan suatu tujuan yang tepat dan jelas. Teknik yang digunakan dalam analisis data interactive. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa Dinas Kpendudukan dan Pencatatan Sipil Kota Samarinda dalam inovasi pelayanan administrasi kependudukan tersebut menunjukan bahwa dalam penerapan inovasi tersebut banyak mengalami pembaruan dalam pelayanan inovasi Hal ini dapat dibuktikan dari upaya Disdukcapil yang terus melakukan pengembangan inovasi, mulai dari inovasi Laskar, Si Pahit, Lasminit, sampai pada inovasi terbaru Pak Dola Kadis dan Wadai Balapis manis. Namun dalam penerapan inovasi tersebut masih mengalami hambatan seperti pengetahuan masyarakat akan pelayanan online sangat rendah dan sebagian dari mereka kurang familiar dengan bentuk pelayanan secara online dan juga kurangnya sosialisasi tentang pelayanan online kepada masyarakat sehingga masyarakat lebih memilih pelayanan secara langsung.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Administrasi Publik
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Fajar Apriani, M.Si.
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 12/02/2024
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal Article

Loading