Faktor Penghambat Efektivitas Penggunaan Aplikasi SP4N-LAPOR! dalam Penanganan Pengaduan Masyarakat pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Samarinda (Oktavia Tri Anggraini)

March 6, 2024
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Web, Admin
On: Mar 6, 2024 @ 10:52 AM
IP: 103.187.88.26

  • 1. Title [Judul]: Faktor Penghambat Efektivitas Penggunaan Aplikasi SP4N-LAPOR! dalam Penanganan Pengaduan Masyarakat pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Samarinda
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Oktavia Tri Anggraini
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Pengaduan masyarakat, SP4N-LAPOR!, pengelolaan pengaduan
  • 4. Description [Abstrak] : Aplikasi SP4N-LAPOR! merupakan salah satu inovasi pemerintah dalam pengelolaan pengaduan untuk memaksimalkan pelayanan publik kepada masyarakat. Aplikasi ini dicanangkan sebagai satu-satunya kanal pengaduan untuk seluruh rakyat di Indonesia termasuk didalamnya Kota Samarinda. Diketahui, Kota Samarinda telah aktif menggunakan aplikasi ini sejak tahun 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor penghambat efektivitas penggunaan aplikasi SP4N-LAPOR! dalam penanganan pengaduan masyarakat di Kota Samarinda. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif dengan sumber data yang menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling pada Dinas Komunikasi dan Informatik dan masyarakat. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah model analisis data interaktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan aplikasi SP4N-LAPOR! sebagai wadah pengaduan masyarakat tidak terlepas dari faktor penghambat yang memengaruhinya terkait efektivitas penggunaan aplikasi SP4N-LAPOR! dalam penanganan pengaduan masyarakat pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Samarinda. Adapun yang menjadi faktor penghambat dari efektivitas SP4N-LAPOR! dalam penanganan pengaduan masyarakat adalah yang pertama, faktor anggaran khusus untuk sosialisasi terkait dengan adanya aplikasi tersebut. Kedua, Faktor sumber daya manusia yang kurang mumpuni pada beberapa OPD menyebabkan sulitnya berkoordinasi. Ketiga, kurangnya pemahaman dari masyarakat sebagai pengguna dari aplikasi itu sendiri.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Administrasi Publik
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Prof. Dr. Bambang Irawan, M.Si.
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 12/02/2024
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal Article

Loading